Ganti Pasta….

Photo-0253

Halo Pembaca! Pada posting lalu saya sampat mereview lambatnya koneksi smartfren modem Huawei EC1261-2 yang saya beli di pameran jogja awal bulan ini, tak lapa saya juga menyisihkan sedikit uang untuk membeli pasta prosesor, istilah bule nya “Thermal Compound Kit”. Buat apa nih pasta? tentu bukan buat gosok gigi atau bikin gigi mengkilap Smile with tongue out. Pasta ini berfungsi sebagai perantara mengalirkan panas dari prosesor ke heatsink. Pasta ini penting untuk menjaga kestabilan panas prosesor/VGA, juka panas tidak ditransfer dengan baik ke heatsink, maka akan prosesor akan terpanggang mengalami overheat. Nah liat nih pasta di pameran, jadi inget kalo komputer Tuxlin dirumah sudah lama tidak diganti dari sejak beli dulu (belum pernah ganti pasta :mrgreen: ?!). Padahal itu komputer dibeli sejak pertengahan tahun 2008! Sudah hampir 4 tahun Smile with tongue out. Akhirnya saya memutuskan untuk mebeli pasta prosesor yang paling murah Smile with tongue out (maklum, lagi bokek :mrgreen: ). Saya beli pasta merk Cooler Master HTK-002 30 ribu saja Open-mouthed smile. Sebenernya yang jual juga nawarin thermal pasta dengan kasta yeng lebih tinggi seperti Noctua, Thermaltake TG 1, namun harganya 70 ribuan keatas, ya sudahlah coba yang murah dulu Smile.

Nih screenshot suhu sebelum ganti pasta :

Baca lebih lanjut

Bersih-bersih PC… (Part I)

Photo-0155

Halo pembaca! Akhir-akhir saya jarang posting, bulan ini malah baru satu artikel saja, hehehehe… Karena saya pindah kerjaan, so perlu lah yang namanya adaptasi. Proses adaptasi kali tampaknya kurang mulus, selain saya masuk pas kantor lagi transisi pergantian sistem dan software yang dipakai, ditambah senior saya yang kurang nyaman bikin saya makin kelabakan Devil. Belum lagi kerjaan yang menumpuk dan tidak semuanya saya kuasai ilmunya, makin ruwet dah…Sick smile. Saya jadi gak yakin bakal bertahan lama disitu, wew malah CURCOL :mrgreen:. Back to judul Smile with tongue out. Pada suatu hari minggu, sambil melupakan keruwetan yang ada, saya melakukan pembersihan PC dari debu-debu jahat yang menempel. Jangan anggap sepele yang namanya debu, apa lagi kalo sampe masuk dan memenuhi PC anda. Debu yang berlebih dapat menyebabkan kinerja PC terganggu. Contoh : kipas berisik karena debu mengganggu kerjanya,suhu jadi lebih panas, PC suka restart tanpa sebab yang jelas dan yang paling parah malah gak mau idup Smile with tongue out. Makanya jangan jorok, bersihkan PC paling tidak 2 bulan sekali Open-mouthed smile.

Baca lebih lanjut