Pengalaman Belanja Online… (II)


DSC_0137

Halo Pembaca!! Postingan kali ini melanjutkan artikel sebelumnya yang mengisahkan pengalaman saya dalam membeli barang secara online Smile. Jika sebelumnya saya menceritakan pengalaman membeli barang secara online di Roxyhp dan Grandcellular, kali ini saya akamn menceritakan pengalaman saya membeli barang secara online di dua toko online yang sudah cukup populer di kalangan pengguna Indonesia, yakni Bhinneka dan TeknoUp. Gak hanya itu sih, saya juga pernah beli barang lewat penjual yang ada di Facebook, hehehehe….

Bhinneka

DSC_0139

Siapa sih yang nggak kenal toko online Bhinneka? Toko online Bhinneka ini adalah salah satu toko online terbesar di Indonesia. Kalo beli di Bhinneka gak perlu khawatir bakal ketipu atau dapat barang palsu, hehehehe…:mrgreen: Layout atau tampilan situs toko Bhinneka ini lumayan ramai dengan pelbagai gambar produk. Barang yang dijual di Bhinneka ini juga udah macem-macem, udah kayak supermarket dan toko komputer online Smile with tongue out. Sebenarnya saya tau tentang toko online Bhinneka ini udah lama dan sering berkunjung juga, buat cek harga tapi gak beli:mrgreen:. Pada suatu hari (dongeng anak ini Smile with tongue out) saya bertemu dengan sodara yang baru pulang merantau. Dia udah beberapa kali beli barang di Bhinneka. Tak lama, saya pun membeli sebuah microSD merek Team kapasitas 16GB class 10 di toko tersebut. Barang sampe dengan selamat dalam jangka waktu kurang lebih sehari setelah pembayaran.

Secara umum, saya puas beli barang di Bhinneka karena pelayanannya cukup memuaskan, prosedur pembelian juga mudah dimengerti. Di toko Bhinneka, saya sudah tiga kali membeli barang dan semuanya tak ada masalah. Packing barang rapi dan menggunakan lakban bertuliskan “Bhinneka” lengkap dengan nota pembelian. Ada satu kekurangan toko Bhinneka ini menurut saya, yakni harga! Ada apa dengan harga di Bhinneka? Menurut pengamatan saya, harga yang ditawarkan oleh Bhinneka ini relatif lebih mahal:mrgreen:. Itu aja sih kelemahannya Smile with tongue out.

TeknoUp

Photo-0376

Awalnya saya ragu mau membeli barang di TeknoUp karena toko ini kalah populer dibandingkan dengan toko-toko lain. Namun, saya lihat bahwa TeknoUp ini gak cuma jualan gadget seperti smartphone dan tablet, tapi juga merupakan portal berita dan review gadget. Hal inilah yang membuat saya yakin untuk membeli gadget di TeknoUp. Di toko online TeknoUp inilah saya membeli smartphone Sony Ericsson Xperia Ray yang saat ini masih saya gunakan Smile. Prosedur pembelian di TeknoUp ini cukup mudah dan gak perlu bikin akun member seperti kebanyakan toko online lainnya. Saya masih ingat waktu membeli Xperia Ray di TeknoUp ini terjadi pada awal bulan, sambil mantengin rekening via internet banking, lagi nunggu gaji masuk soalnya:mrgreen:.

Kesan-kesan saya pada pelayanan TeknoUp ini memuaskan. Saya sempat iseng-iseng godain CS-nya, hehehehehe… cuma pengen tau seberapa ramah CS nya dalam melayani pelanggan. Melalui YM, saya bilang kalo Xperia Ray yang saya beli dari TeknoUp ini cacat produksi dan bermasalah (bohong ini Smile with tongue out). CS TeknoUp langsung menanggapi kalo barang yang cacat suruh kirim balik ke TeknoUp dan akan diganti baru bila terbukti bermasalah. Setelah itu, saya bilang ke CS nya, kalo nggak jadi cacat atau bermasalah😆. Packing barang dari TeknoUp ini cukup rapi dan dilengkapi dengan nota pembelian. Asyiknya lagi, TeknoUp ngasi dua stiker bertuliskan TeknoUp, mayan bisa ditempel di helm buat keren-kerenan Smile with tongue out.

DSC_0074

Beli di Facebook

DSC_0520

Banyak kasus penipuan dari Facebook di mana sang penjual tidak mengirim barang yang dipesan atau malah mengirimkan barang replika ke pemesannya. Setelah itu sang penjual penipu tersebut menghilang dari Facebook Devil. Untungnya, hal tersebut tidak terjadi pada saya, hehehehe… Awalnya saya ragu mau beli barang dari akun Facebook, tetapi di daerah saya gak ada yang jual barang tersebut. Barang yang dimaksud adalah action figure Transformers. Langkah awal, saya cek dulu akun sang penjual, langkah kedua adalah siapkan mental dan kenekatan untuk mengentisipasi kalo ditipu:mrgreen:. Akhirnya dengan modal nekat dengan sedikit analisa dari postingan akun tersebut, saya memutuskan untuk membeli action figure Transformers, yakni Shockwave Voyager Class. Apakah barang benar-benar dikirim dan sesuai? Ya barang yang dikirim bener-bener sesuai Smile with tongue out.

DSC_0521

Kesan-kesan saya waktu transaksi atau membeli barang melalui seller di Facebook ini lumayan memuaskan. Meski demikian, pelayanannya gak se-profesional toko online sih. Packingnya cukup rapi sih, tapi kardusnya itu lho, Mie Sedaap Smile with tongue out. Gak ada nota pembelian di transaksi ini. Saya sendiri sudah dua kali beli action figure dari akun yang sama. Sampai di sini dulu posting gak penting kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua Smile.

15 comments on “Pengalaman Belanja Online… (II)

  1. Ping-balik: [Foto] Letusan Merapi 18 November 2013 & Hujan Abu | Linux, Komputer & IT

  2. Ping-balik: Sony Xperia L, Body Melengkung dengan Android Jelly Bean | Linux, Komputer & IT

  3. Ping-balik: Instal Linux Mint 16 Petra | Linux, Komputer & IT

  4. Ping-balik: Tren Smartphone 2014: Spek makin Gila, Harga Juga | Linux, Komputer & IT

  5. Ping-balik: Instal Linux Mint 16 Petra | Ilham Fathuddin AlFatih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s