Tagr: Ngetag File MP3 Gak Pake Lama


Tagr

Halo Pembaca!!! Pernah gak sih ngalamin habis download lagu MP3 trus di pindah ke hape ato laptop trus dimainin ke player macam Winamp ato Foobar2000 gak keluar nama artis atau judul lagunya, yang kluar cuma Unknown Artist dan judul lagunya Track 1, Track 2 dst:mrgreen: . Seperti gambar dibawah ini :

unknown

Nah itu file MP3 (MPEG Layer 3) nya belum di tag atau tag masih berantakan, kan ribet juga kalo misalnya kita mau bikin playlist lagu trus kita search berdasarkan nama artis atau albumnya, eh kagak nongol gara-gara MP3 nya belum di Tag alias masih kosongan aja Smile with tongue out. Biar keluar nama artis, album, tahun rilis, dan judul lagunya, kita harus ngetag file MP3 nya. Lalu Tag itu apa sih? Setau saya, Tag di file MP3 tu semacam metadata yang menunjukkan identitas file MP3 tersebut, misal artis yang nyanyi, album, tahun rilis albumnya, track nomor berapa, judul albumnya, dan sebagainya. Hal yang sama juga terdapat pada file gambar, bedanya pada parameternya saja. Kalo gambar parameternya seperti resolusi, kamera yang dipake buat motret, aperture, ISO dan sebagainya. Buat ngetag MP3, saya pake software Tagr yang jalan di Mac OSX. Beikut tampilan Tagr :

Tampilan Tagr

Tampilan software Tagr ini cukup sederhana, hanya ada sedikit icon dimenu bar atas dan bar bawah. Secara umum, tampilan Tagr dibagi menjadi dua kolom, kolom pertama yang berada di sebelah kiri berisi field-field atribut tag MP3, seperti Artis, Album Artist, Album, Genre, Year, dan Comment. Sementara dibagian bawah field atribut untuk menambahkan Artwork atau Album Cover lagu. Sedangkan kolom besar sebelah kanan digunakan untuk menampilkan daftar lagu atau file MP3 yang akan di Tag.

Ngetag pake Tagr cukup simpel, drag aja file atau folder berisi lagu-lagu yang akan di Tag ke kolom sebelah kanan. Tagr akan otomatis menampilkan daftar lagu yang diinginkan. Ngetagnya cukup pilih salah satu file yang terdapat di daftar kolom kanan, dan mulailah mengisi field atribut file tersebut. Jika ingin mengisi field atribut langsung beberapa file sekaligus, bisa dengan menyeleksi file mana saja yang akan di tag. Opsi seleksi ini cukup berguna jika kita akan mengisi field atribut yang sama untuk beberapa lagu sekaligus, misal nama artist atau album.

Tagr edit

Menambahkan Artwork atau Album Cover

Jika ingin menambahkan Artwork atau Album Cover, juga cukup mudah. Langkah pertama, seleksi dulu beberapa lagu atau file MP3 yang ada di kolom kanan yang nantinya menggunakan Artwork atau Album Cover yang sama, biasanya lagu kumpulan lagu yang berasal dari album yang sama Smile with tongue out. Langkah kedua, siapkan file Artwork atau Album Cover berformat JPEG, kalo udah siap, drag saja file gamabr Artwork atau Album Cover ke Tagr pada bagian Artwork, seperti gambar dibawah :

Tagr edit

Gimana jika file MP3 nya gak ada nama artis n judulnya pas kita mau ngetag di Tagr? Gampang, Tagr nyediain fasilitas Preview, dimana Tagr akan memainkan lagu atau file MP3 yang diinginkan pengguna. Caranya cukup mudah, klik lagu atau MP3 yang akan kita Preview di kolom daftar lagu, trus klik icon gambar satu mata yang berada di bagian bawah Artwork. Tunggu tunggu, lambang satu mata?!Devil Itu lambang Iluminati!!!! Ah bodoo lha emang lambangnya kek gitu mo diapain? Smile with tongue out Setelah lambang satu mata itu diklik, Tagr akan memainkan file MP3 yang dipilih trus tau deh itu lagunya sapa n judulnya apa. kalo tetep gak tau, nanya aja sama MusicXMatch atau TrackID Smile with tongue out.

Preview

Tampilan Preview Tagr

Tagr Save to DiskBtw kalo udah selesai ngetag MP3, jangan langsung ditutup aplikasi Tagr-nya, di save dulu hasil kerja keras kita ngetag lagu MP3. Bayangin aja kalo udah slese ngetag serkitar 1000an file MP3 trus lupa kaga di save, bisa bikin kriting jari n nangis darah ntar Smile with tongue out. Setelah slese ngetag MP 3, klik icon gambar hardisk yang bertuliskan Save to Disk yang berada di bagian sudut kiri atas. Saran saya sih, ngetagnya jangan langsung banyak n klik Save to Disk secara reguler, kali aja pas ngetag banyak trus belum di save, listrik mati atau power supply mleduk, kan sia-sia hasil jerih payah ngetag MP3 nya:mrgreen:. Kalo koleksi MP3 sudah di Tag, kita bisa lebih enak mainin lagu atau bikin playlist. Tinggal search aja berdasarkan Artist, Genre, atau Album Smile.

Artis

Masih belum rapi ngetagnya Smile with tongue out

Bagi Pembaca yang berminat mengunakan software Tagr ini, dapat mengunduhnya disini. Semoga bermanfaat Smile.

5 comments on “Tagr: Ngetag File MP3 Gak Pake Lama

  1. Ping-balik: MP3 Player Jadul Masih Bertahan Hidup… | Linux, Komputer & IT

  2. Ping-balik: Huawei E1756, Modem untuk Bapak | Linux, Komputer & IT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s