Konversi Video untuk Sony Xperia via Handbrake


Handbrake

Halo Pembaca! Setelah beberapa bulan menggunakan smartphone Sony Ericsson Xperia Ray, ternyata saya kesengsem sama kemampuannya dalam memutar video HD, gambarnya pas muter video HD bening banget untuk smartphone dikelasnya. Mungkin hal ini tak terlepas dari hadirnya fitur Bravia Engine yang ditanamkan di Xperia Ray dan kerapatan layarnya yang lumayan tinggi, 297 piksel per inci. Suatu ketika, saya selesai download video konser Nightwish HD 720p via torrent (downloadnya makan waktu beberapa hari pake koneksi Smartpret Smile with tongue out). Setelah video tersebut saya pindah ke Xperia Ray, ternyata gak bisa diputar dengan lancar, ngelag banget dah pas diputer. Saya heran, lha video HD yang 1080p aja lancar kok, ini 720p aja udah bikin Xperia Ray kehabisan napas. Akhirnya saya mencoba melakukan konversi video tersebut menggunakan aplikasi gratis, Handbrake. Silahkan download disini.

Tampilan Handbrake

Setelah saya selesai download Handbrake, segera saya jalankan dan melakukan konversi agar video yang baru saja saya download dapat diputar dengan lancar tanpa lag Smile. Berikut konfigurasi saat saya konversi video untuk Sony Ericsson Xperia Ray yang mungkin juga berlaku untuk smartphone Xperia besutan Sony lainnya.

Open File

Setelah aplikasi Handbrake di jalankan, klik tombol Source untuk memilih video yang akan di konversi

Tampilan Handbrake

Pada bagian Format, pilih MP4. Video Codec pilih H.264 (x264). Frame Rate pilih Same as source

Opsi Kualitas

Pada bagian Quality, ada tiga opsi, yakni Target Size yang nantinya Hanbrake akan menyesuaikan kualitas video berdasarkan target ukuran file yang ditentukan. Misal pilih 800MB, maka hasil konversi akan disesuaikan menjadi sekitar 800MB atau lebih dikit Smile. Kalo pilih Average bitrate, maka bitrate video akan bervariasi dan maksimal sesuai dengan angka yang yang diketik, semakin tinggi bitrate semakin tinggi pula kualitas videonya. Kalo Constant quality, mungkin bitrate video bakal konstan, saya belum pernah pilih opsi ketiga ini:mrgreen:.

Audio konversi

Pindah ke tab Audio, ganti Codec nya menjadi AAC (faac) katanya sih, kualitasnya lebih bagus n kompresinya lebih tinggi Open-mouthed smile. Setelah semua konfigurasi disetting, video siap untuk di konversi, klik tombol Start yang berada di samping Source untuk memulai konversi video. Kalo konversi video sih bakal lama, mending ditinggal tidur dulu deh…. apalagi kalo pake komputer tua kayak punya saya:mrgreen:

proses konversi

Proses konversi video berlangsung

Gara-gara konversi video ini, saya jadi sadar kalo komputer saya memang sudah terlalu tua untuk urusan konversi video, apalagi video HD 720p, udah ngosngosan, hahahahaha…. Setelah proses konversi selesai, langsung deh hasil konversi di Handbrake saya pindahkan ke Xperia Ray, hasilnya? Video hasil konversi dapat diputar dengan lancar jaya tanpa halangan suatu apapun Smile with tongue out. Lalu apa sebabnya video HD 720p sebelum di konversi tak dapat dimainkan dengan lancar di Xperia Ray? padahal video HD 1080p saja lancar jaya dimainkan, mungkin bitratenya terlalu tinggi? Entahlah, pokoknya setelah dikonversi lancar diputar di Xperia Ray Open-mouthed smile. Sampai disini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat Smile.

10 comments on “Konversi Video untuk Sony Xperia via Handbrake

  1. itu dia mungkin harus dengan format mp4 dit … katanya di ipad 3 pun film 720p ngos-ngosan kalau pake mkv, tapi pas di konversi ke mp4 lancar jaya … aneh engga sih …:mrgreen:

  2. Ping-balik: Upgrade Android Ice Cream Sandwich Xperia Ray via PC Companion | Linux, Komputer & IT

  3. Ping-balik: Nokia Asha 210, Dual SIM Murah Berdesain Elegan | Linux, Komputer & IT

  4. Ping-balik: BBM for Android: Fitur dan Kesan Pertama Menggunakannya | Linux, Komputer & IT

  5. Ping-balik: Sony Xperia M: Kemampuan Kamera & Fiturnya | Linux, Komputer & IT

  6. Ping-balik: Xperia L: Ini Hasil Jepretan Kamera 8 Megapiksel Exmor RS & Duel dengan Xperia Ray | Linux, Komputer & IT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s