[DISKET] Masih Ingat Dengan Benda Ini?


DSC_0105

Halo Pembaca!!! Pasti inget sama benda kayak diatas kan? Sebuah benda yang tipis dan berguna untuk menyimpan data. Benda tersebut bernama Disket dan terlihat keren jika bawa benda ini kemana-mana 15 tahun yang lalu Smile with tongue out. Kalo sekarang sih bawa beginian ke warnet, lab komputer atau ke kampus, bukannya terlihat keren malah terlihat jadul n jadi bahan tertawaan Laughing out loud. Komputer atau laptop baru sudah pasti gak akan ada slot buat masukin barang purba semacam ini….:mrgreen:.

Saya pertama kali memiliki dan menggunakan benda ini ketika masih SMP. Waktu itu saya mengikuti ekstrakulikuler komputer di sekolah. Saat itu yang namanya komputer desktop masih jarang yang punya. Saya juga waktu itu masih buta soal komputer, yang saya tau adalah komputer itu pasti Windows, hahahaha…. Disket yang pertama saya pakai adalah merk Max Data. Saya masih ingat setelah pembagian disket, guru saya menjelaskan tentang kegunaan disket :

“Dengan menggunakan disket, kita dapat menyimpan data berupa dokumen dalam jumlah yang cukup banyak, karena kapasitas disket cukup besar, yakni 1,44MB. Jangan lupa, nanti kalo nyimpen data di disket piliih 3,5 floppy A:”.

DSC_0106

Ya, 1,44MB memang cukup besar dimasa itu. Kalo sekarang si microSD yang berukuran seupil aja kapasitasnya bergiga-giga, hohohoho Rolling on the floor laughing… Salah satu kekurangan disket ini adalah mudah rusak. Entah cuma saya yang mengalami hal ini atau pembaca juga mengalami hal yang sama? Disket yang saya pakai paling lama umurnya 3 bulan, setelah itu udah gak kebaca lagi isinya Disappointed smile. Terakhir pakai disket adalah kelas 1 SMA, setelah itu langsung beralih ke flashdisk yang mengusung kapasitas yang lebih besar.

Sebenernya nih, sebelum disket 3,5 inci, masih ada disket yang lebih besar secara fisik, yakni disket 5,25 inci yang sering disebut dengan floppy B:, Sayangnya saya belum pernah make disket yang berukuran besar ini. Sampai disini dulu sharing kali ini, semoga bermanfaat Smile.

4 comments on “[DISKET] Masih Ingat Dengan Benda Ini?

  1. wahahaha… saya malah punya berapa pack ya? Banyak deh.. apalagi jaman kuliah tugas kudu di copy ke beberapa disket. Ya itu… takut error disketnya…

    Satu lagi inget software splitter untuk mecah file ke beberapa bagian berukuran 1,44 mb.. hahaha .. repot ya jaman dulu

  2. Ping-balik: Pengalaman Belanja Online… (I) | Linux, Komputer & IT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s