Awas! Toko Online Abal-abal…!!


DSC_0094

Halo Pembaca! Pernahkan pembaca mendapatkan SMS promosi sebuah toko online seperti gambar di atas? Toko online yang biasanya bawa embel-embel “Batam” ini menawarkan gadget seperti BlackBerry, iPhone, Galaxy Tab, atau laptop dengan diskon yang menggiurkan. Diskon yang ditawarkan gak main-main lho, 20-50%!!! Lha ini mau jualan atau mau gulung tikar lebih cepat? Yang jelas mau nipu Smile with tongue out.

Berdasarkan pengalaman orang yang pernah termakan membeli gadget di toko online abal-abal ini, biasanya mereka mengatakan bahwa harga yang dipasang lebih murah dari harga pasaran karena barang yang dijual adalah barang BM (Black Market) atau barang yang berasal dari pulau “Batam”.

Toko online yang jujur pasti akan mengirim barang sesuai pesanan pembelinya setelah uang ditransfer. Nah toko online abal-abal ini biasanya setelah uang ditransfer langsung ngaciiirrrr… Nomor hape dah gak bisa dihubungi, situsnya  di blogspot tiba-tiba ilang dan tentu saja uang pembeli yang tertipu juga ikut amblas Confused smile. Ada pula toko online abal-abal yang sedikit lebih “baik” dengan mengirimkan barang yang MIRIP dengan barang pesanan pembeli. Hal ini saya dengar dari teman kakak yang pernah mengalami hal ini. Ceritanya korban pesen BlackBerry entah tipe apa, seteleh uang ditransfer, barang pun datang….

Yang datang bukan barang yang dipesen, emang sih bentuknya mirip banget, tapi ternyata ponsel China yang dateng, Akhirnya keinginan untuk mengakuisisi smartphone besutan RIM gagal akibat tergiur diskon yang gak masuk akal.

DSC_0095

Meski toko online abal-abal jumlahnya ratusan, bahkan ribuan! Namun, bukan berarti kita harus antipati terhadap toko online, karena toko online yang jujur juga banyak. Saya sendiri juga masih pemula soal jual beli via toko online. Namun saya sudah mencoba membeli beberapa barang via toko online sekalian melihat seperti apal layanan yang mereka tawarkan dan saya sampai saat ini belum pernah tertipu. Berikut beberapa tips memilih toko online yang terpercaya :

  • Lihat domain yang dipakai toko onlinenya. Kalo toko online yang masih pakai subdomain macem blogspot atau domain gratis seperti .co.cc atau .tk patut di waspadai. Bukannya toko online yang pakai domain ini pasti nipu, tapi kebanyakan memang demikian.
  • Cek harga. Kalo harga yang ditawarkan bersaing, misal lebih murah atau lebih mahal sedikit dari harga pasaran, yah masih masuk akal kalo dia memang jualan. Tapi kalo diskon nyampe 50% bahkan lebih untuk produk yang terbilang baru, pantas dicurigai.
  • Cari review pengguna dari forum atau blog mengenai toko tertentu, Misal Anda tertarik untuk bertransaksi dengan sebuah toko online, sebaiknya Anda coba cari review mengenai toko online tersebut, apakah toko online tersebut terpercaya atau tidak dan seperti apa pelayanannya.

Semoga bermanfaat Smile.

6 comments on “Awas! Toko Online Abal-abal…!!

  1. Ping-balik: [DISKET] Masih Ingat Dengan Benda Ini? | Linux, Komputer & IT

  2. Ping-balik: Wah, Saya Menang Undian Rp 49 Juta! | Linux, Komputer & IT

  3. Ping-balik: BBM for Android: Dirilis Oke, Nggak Juga Gak Masalah | Linux, Komputer & IT

  4. Ping-balik: Pengalaman Belanja Online… (I) | Linux, Komputer & IT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s