Adium, Software Chatting Komplit Buat Mac OSX


Adium

Pengguna Mac OSX tentu tidak asing lagi dengan software chatting paling populer di Mac OSX, Adium yang mendukung berbagai protokol instant message seperti Yahoo Messenger, Windows Live, AIM dan sebagainya. Software Adium ini mirip banget sama Pidgin di Windows dan Linux😀.

Adium awalnya dikembangkan oleh Adam Iser dan pertama kali diluncurkan pada September 2001 dengan mengusung versi Adium 1.0 dan saat itu hanya mendukung protokol chatting AIM.

Software Adium ini kini menjadi software chatting open source yang dikembangkan mengkolaborasikan Cocoa API (Application Programming Interface) milik Mac OSX dengan dukungan berbagai layanan instant messagingmelalui library milik Pidgin, libpurple.

Saat ini Adium menjadi primadona di kalangan pengguna Mac OSX diberbagai belahan dunia karena kemudahan dan kelengkapan fitur yang ditawarkan.

Tampang Adium

Tampilan Adium

Secara umum tampilan Adium ini cukup sederhana dan sangat mudah digunakan. Penggunaan Cocoa API membuat tampilan software Adium ini begitu menyatu dengan Mac OSX.

Meski tampil sederhana, tampilan Adium ini fully customizable, semua yang berhubungan dengan tampilan dapat diganti-ganti sesuai selera. Mulai dari icon Dock, emoticon, contact list, message style hingga status icon dapat diganti melalui menu preference.

Pengguna juga dapat menambah koleksi style Adium melalui Adium Extras yang dapat diakses melalui menubar yang akan memandu pengguna menuju situs Adium Extras.

Fitur dan Dukungan

Adium mendukung banyak sekali protokol instant messaging seperti Yahoo Messenger, Windows Live, ICQ, AIM, Facebook Chat, Gadu-Gadu, Jabber, Google Talk, IRC (Internet Relay Chat) dan banyak lagi dengan total hingga 19 protokol instant messaging.

Software ini juga mendukung layanan microblogging Twitter, sehingga pengguna tidak perlu lagi menjalankan banyak software untuk ngetweet dan online di berbagai layanan chatting.

Saat ini Adium versi terbaru telah mencapai versi Adium 1.5.1 untuk Mac OSX 10.6.8 Snow Leopard atau lebih baru. Anda menggunakan Mac OSX 10. 5 Leopard atau malah Tiger? Tenang Adium juga menyediakan versi lawas untuk mendukung Mac versi lama.

Anda penasaran ingin mencoba software Adium? Silahkan download disini, aplikasi Adium bersifat open source dan gratis.

 

sumber

Saya awalnya bingung waktu pertama kali make Mac OSX, yang ada cuma Yahoo Messenger dan iChat. Payahnya, Yahoo gak pernah update aplikasi Yahoo Messenger untuk Mac OSX yah jelas kalah jauh fiturnya sama YM buat Windows.

Iseng-iseng main ke forum, nemu Adium ini tahun lalu:mrgreen: langsung cobain deh😀. Kesan pertama make Adium, tampilannya begitu menyatu dengan antarmuka Mac OSX dan dari segi kemampuan serta dukungan protokol instant messenger, aplikasi ini setaralah sama Pidgin.

 

5 comments on “Adium, Software Chatting Komplit Buat Mac OSX

  1. @r10
    Bukan masbro, tapi Adium ini masih keturunan pidgin, soalnya masih pake librarynya pidgin juga. Pidgin ada semacam theme atau skins gitu? kalo ada barangkali ada yang bikin mirip diatas🙂

  2. Ping-balik: Tagr: Ngetag File MP3 Gak Pake Lama | Linux, Komputer & IT

  3. Ping-balik: Huawei E1756: Instalasi di Mac OS X | Linux, Komputer & IT

  4. Ping-balik: BBM for Android: Dirilis Oke, Nggak Juga Gak Masalah | Linux, Komputer & IT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s