Bikin Mandriva 2011 Live USB di Mac


Halo Pembaca! Setelah membaca postingan bro Gadgetboi, saya jadi tau kalo Mandriva 2011 telah dirilis :D!!! Pada rilis 2011 ‘Hydrogen’, Mandriva membawa perubahan yang cukup besar, mulai dari perubahan user interface dengan theme ‘Rosa’ hingga tambahan fitur baru macam timeframe, simple welcome, rocket bar, dll. Distro Mandriva ini memiliki tempat tersendiri di hati saya:mrgreen: karena distro inilah yang membuat saya jatuh cinta pada OS open source, Linux🙂. Saya meluncur ke situs resmi Mandriva untuk mendownload file iso nya, ternyata cuma ada versi DVD ukurannya 1,6GB, gak ada lagi tu versi Mandriva Free (DVD), Mandriva One (CD)😐. Mengingat koneksi internet saya secepat kilat pas-pasan, download iso distro ini jadi sangat lama😀. Saya iso Mandriva 2011 di sini.

clip_image002

29 jam 36 menit kemudian, download selesai:mrgreen:

Mandriva 2011 ini menganut Hybrid Iso, artinya? File iso dapat dijadikan LiveDVD maupun Live USB. Kalo di windows, bikin liveUSB Mandriva bisa menggunakan tool Mandriva Seed, kalo di mac? Berikut langkah-langkah membuat liveUSB Mandriva 2011 di lingkungan Mac.

Persiapan :

  • Download file ISO Mandriva 2011 nya disini.
  • Siapkan USB flashdisk minimal 2GB
  • Secangkir kopi biar gak ngantuk:mrgreen:.

Setelah semua yang diperlukan sudah siap, langsung saja, tancapkan USB flashdisk dan jalankan terminal🙂.

clip_image004

Setelah masuk terminal langsung saja ketik perintah :

$sudo su

Masukan password root, kemudian ketik perintah

#diskutil list

Perintah diatas digunakan untuk mengetahui disk drive yang terdapat di sistem.

diskutil

Dari screenshot diatas, flashdisk saya terdeteksi sebagai /dev/disk1. Kemudian ketik perintah

#diskutil unmount /dev/disk1

clip_image008

Setelah flashdisk di-unmount, kita dapat memindahkan iso image Mandriva 2011 ke flashdisk dengan perintah dd if=LokasiFile.iso of=usbflashdisk bs=1m. Contohnya seperti punya saya

#dd if=/Users/ditya/Downloads/Mandriva.2011.i586.1.iso of=/dev/disk1 bs=1m

clip_image010

Tunggu sekitar 15 menit, eksekusi perintah dd cukup lama, tergantung kecepatan write USB flashdisk dan besar file iso yang di write🙂.Kalo di screenshot diatas pake tambahan sudo, sebenernya gak perlu, karena kita sudah login sebagai root melalui perintah $sudo su di awal tadi🙂.

clip_image012

Perintah dd telah selesai di eksekusi

Setelah perintah dd selesai di eksekusi, jalankan perintah

#diskutil eject /dev/disk1

clip_image014

Selesai sudah proses pembuatan liveUSB Mandriva 2011 di Macintosh. Gak percaya? Langsung saja tancapkan flashdisk di notebook/PC yang akan digunakan untuk mencoba, set boot priority ke flashdisk, dan jreng… jreng… jrengg… Mandriva 2011 LiveUSB siap menyambut anda:mrgreen:. Cara ini juga dapat digunakan untuk membuat liveUSB distro lain, meski gak semuanya bisa🙂, sebelumnya saya sukses membuat liveUSB OpenSuse 11.4 menggunakan cara ini. Oiya, perintah dd ini juga terdapat di linux, cuma caranya mungkin agak berbeda😀, kalo di Windows? Gak ada :p. Sampai disini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat🙂.

13 comments on “Bikin Mandriva 2011 Live USB di Mac

  1. itu perintah semua ada kok di unix-like OS (BSD, Linux, Mac, dll):mrgreen:

    dit, kalau update mac ‘sudo apt-get update’ juga😆 …. macbook sodara ogud minta diupdatin tapi ogut cuman bisa bengong😆

  2. Ping-balik: [REVIEW] Mandriva 2011 Hydrogen « Linux, Komputer & IT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s