Garuda OS, Distro Lokal Dengan Software Lengkap!


desktop

Tampilan Desktop Garuda OS

Halo pembaca! Jujur saja saya bingung ingin memposting artikel ini atau tidak, pasalnya udah telat, hahahaha OS ini diluncurkan tanggal 20 Mei 2011 Smile with tongue out. Meski artikelnya telat menggung muncul, penulisnya gak begitu telat kok dapetin OS ini, ahihihi Sarcastic smile. Awal juni, saya baru tau kalo ada OS Linux buatan lokal yang bernama Garuda. Garuda OS memiliki semboyan “Go legal! Go local! Go Liberty!” ini dirilis untuk menyongsong hari kebangkitan nasional sekaligus membangkitkan IT lokal agar terbebas dari penjajahan software bajakan dan virus-virus yang merajalela. Garuda OS adalah OS berbasis linux yang merupakan turunan dari PCLinuxOS, tentu saja GarudaOS juga mewarisi sifat out-of-the-box nya PCLinuxOS Smile. Garuda OS datang dengan media DVD berukuran sekitar 3,8GB, saya download Garuda OS DI SINI.

User Interface

desktop1

3D Desktop Compiz-Fusion

User interface Garuda OS cukup menawan. Paduan keindahan tampilan KDE 4.6.3 dengan 3D Desktop Compiz Fusion, membuat pengguna tidak cepat bosan dengan tampilan desktopnya, ditambah lagi widget bawaan Garuda OS yang cukup banyak dengan berbagai macam fungsinya.

widget

Widget yang disediakan cukup banyak

Tampilan desktop Garuda OS sangat customizeable, khas desktop KDE, semua bisa diatur atau diganti, mulai dari color theme, window border, desktop theme, cursor mouse hingga icon dapat diganti dan theme yang disediakan Garuda OS pun cukup banyak. Masih kurang? Emerald theme juga disediakan, saya sendiri juga paka emerald theme Open-mouthed smile.

theme3theme

theme2theme1

Kelengkapan Software

Bagaimana dengan kelengkapan software bawaan distro Garuda ini? Jangan tanya, distro yang datang dengan media DVD ini telah membawa software yang sangat lengkap, gara-gara kelengkapan software yang dibawanya, saya gak pernah ngetik perintah “apt-get install bla bla bla…”, lha wong software yang saya butuhkan ada semua!!! Begitu selesai instalasi bisa langsung pakai tanpa harus online buat download software dari repo Smile with tongue out. Berikut sebagian software bawaan Garuda OS :

Office –>>LibreOffice 3.3, Dia, Planner, Okular, Scribus dll

Internet –>>Mozilla Firefox, Opera, Chromium, Thunderbird, Qtwit, Pino, Choqok, Ktorrent, Pidgin, Kompozer, Bluefish, Xchat dll.

Grafis –>>GIMP, Inkscape, DigiKam, Gwenview, Picasa, Blender, Synfig dll.

Multimedia –>> Sound player (Amarok, Audacious, dll), Sound Editor (LMMS, Audacity, SoundKonverter dll), Video Player (Kaffeine, SMPlayer, UMPlayer, VLC Player, dll), Video Editor (Cinelerra, Avidemux,Kdenlive,dll), Pinky Mp3 Tagger dll.

Education –>>Kalzium, Periodic Table, Marble Globe, Google Earth, dll.

Sistem n tampilan –>>Wine, VirtualBox, DosEmu, Bleachbit, Synaptic, DrakConf, Compiz, Emerald, Cairo Dock, Google Gadget, Ark, K3b, dll.

Development –>>Gambas 2, Lazarus, MonoDevelop, Eclipse, PhpMyAdmin, MySQL, dll.

Masih banyak lagi yang belum saya sebutkan, kalo disebutkan semua ya kepanjangan tar postingnya hahahahaha:mrgreen:. Software bawaan yang sangat lengkap, cocok untuk pengguna yang menginginkan OS Linux yang lengkap dan memiliki koneksi internet terbatas (seperti sayaEmbarrassed smile).

kdenlivemyencoder

Kdenlive dan MyEncoder

Usability

Distro Garuda OS ini secara umum cukup mudah digunakan dan telah mendukung bahasa indonesia. Garuda OS mewarisi kemudahan penggunakan Distro yang jadi biangnya, PCLinuxOS. Distro ini juga memiliki control panel yang mudah digunakan yaitu Garuda Control Center, serupa dengan PCLinuxOS Control Center dan Mandriva Control Center. Selain itu, distro Garuda OS yang mengusung desktop KDE4 ini juga dilengkapi dengan KDE Control Center untuk mengubah tampilan dan konfigurasi desktop KDE. Ada hal yang agak menggenjal mengenai folder home setelah instalasi, seharusnya folder home milik user yang jadi default, namun di Garuda OS, setelah instalasi malah folder home milik root yang jadi default, harus diatur agar bisa menyimpan file di folder home milik user. Distro Garuda OS mewarisi sifat Out-of-The-Box nya PCLinuxOS, yaitu langsung bisa memainkan file-file multimedia karena codec-codec yang diperlukan telah disediakan.

garudacckdecc

Garuda Control Center dan KDE Control Center

Kompatibilitas

Garuda OS menggunakan kernel linux 2.6.38.7, kompatibilitas distro ini cukup baik. Garuda OS juga telah membawa driver VGA (Intel, Nvidia dan AMD Radeon) jadi tidak perlu khawatir driver VGA tidak terdeteksi dan harus install manual Smile. Pada artikel Garuda OS ini saya menggunakan PC dengan spesifikasi AMD Athlon X2 4400@2,7Ghz, motherboard biostar TA780G dengan chipset AMD 780G dan VGA onboard Radeon 3200, 2GB DDR2 dapat menjalankan Garuda OS dengan sempurna, Compiz Fusion juga berjalan lancar. Printer epson T11 dan modem huawei E160 juga dapat berjalan baik di distro ini. Sayangnya bluetooth USB yang menancap di PC tidak berjalan baik, device-nya terdeteksi, namun tidak dapat melakukan kirim-terima file. Hal yang sama juga terjadi di bluetooth netbook saya, Acer AO531h.

paintownRally

Game cukup lengkap, diatas adalah game Paintown dan Rally

Performa

Garuda OS menunjukan performa yang sangat baik di PC saya yang speknya nya seperti di paragraf atas. Booting dan shutdown cukup cepat. Buka tutup aplikasi sangat responsif dan sangat nyaman. Yah memang kadang masih muncul kotak dialog “KDE Crash bla.. bla.. bla…”, namun sangat jarang, tidak separah Linux Mint 10 KDE yang pernah saya coba. Menurut saya dari segi kestabilan masih unggul desktop berbasis Gnome Smile. Oiya, saya menginstall distro ini menggunakan liveUSB dengan bantuan Unetbootin. Performa saat Garuda OS dijalankan secara liveUSB pun juga cukup gegas. Instalasi Garuda OS ke PC melalui liveUSB berlangsung cepat, hanya 25 menit Distro berukuran DVD ini sudah terinstall di PC. Selain di PC, saya juga menginstall OS ini di netbook Acer Aspire One 531h Computer dengan spesifikasi Intel Atom N280, 2GB DDR2, GMA950 dan HDD160GB. Bagaimana performa di netbook AO531h? Mengenaskan! Desktop KDE 4 memang tidak cocok untuk netbook, terlalu berat meski telah menggunakan memory 2GB Wilted rose.

sysinfo

Sysinfo, mirip software AIDA64 Extreme di windows

Kesimpulan

Garuda OS adalah distro linux yang lengkap dan user-friendly. OS yang berbasis PCLinuxOS ini sangat nyaman digunakan dan tidak repot. Software yang dibawa Garuda OS ini sangat-sangat lengkap, tidak perlu lagi deh repot-repot melengkapi codec multimedia, plugin atau software basic lainnya. Distro ini cocok bagi pemula yang baru bermigrasi dari windows. Distro ini juga ikut memupuk rasa nasionalisme bagi penggunanya karena didalamnya terdapat video dokumenter, KBBI digital dan UUD 1945.

+ Software Lengkap

+ Instalasi dan penggunaan mudah

+ Out of The Box

+ Memupuk rasa nasionalisme

– Ukuran besar (3,8 GB)

– Berat juka digunakan di netbook

– Defult home setelah instalasi

Sampai disini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat Smile.

40 comments on “Garuda OS, Distro Lokal Dengan Software Lengkap!

  1. @gadgetboi
    iya nih GarudaOS masih PCLinuxOS banget, gak banyak perubahan kecuali interfacenya😦. Jadi kasian baca curhatnya si Bill😦 Btw q juga baru tau kalo developernya GarudaOS sama PCLinux3D itu sama!!! padahal si PCLinux3D itu dijual 100rb yang paket DVD, gubrakkk…

    Ini OS emang lumayan berat bro di netbook, pake nya KDE4 sih, kalo di PC gak ada masalah🙂

  2. Ping-balik: Garuda OS, os lokal Dengan Software Lengkap!

  3. saya pernah pake G OS, tp setelah tahu hanya remasteran Pecel (PcLinuxOS), lgsg tak ganti sama Pecel lele saja. hehe…

  4. belum kesampean mau mencoba. dulu katanya aku salah satu pemedang yang dapat dvd gratisnya, tapi ditunggu gak kunjung dateng itu dvd. ya sudahlah,………

  5. ukurannya gede banget.. kaya ultimate edition aja.. tpi lumayan sih ni distro.. keep working hard indonesian linux developers!!!

  6. ane bukannya gak minat pake os buatan anak bangsa……….tapi karena ukuranya itu loh 3,8 GB,backtrack 5 r1 hanya 1,9 GB,jadi lebih baek milih bactrack aja!!!!!

  7. mantep mih, trus cara instalasi os garuda apa ada pilihan ke partisi kah bro ? kyak intal os windows kan bisa milih partisi biasax “C” ? ples ditungguh cerahannya. tks

  8. ane nginstal di flashdisc kog smua icon seperti kamus bahasa indonesia dll kog minta password ya??/juga untuk seting modem smart ac682 gimana cara nya mohon info nya maklom baru nyoba linuxgaruda.

  9. mas bro. mau nanya dikit neh..garuda bisa dipake nginstall nonosoft khot gak…?aq pingin software terpentingku ini bisa jalan kaya’ di windows.slama ini aq pake zorin 3. ya cuma 70% puas sebab nono & modem smarpret ce682 ku gak bisa jalan.mohon pencerahannya mas bro.trims

  10. mastah….cara mengaktifkan sound card lenovo s10-3 di garuda os gimana seh ?
    wah susah banget nih…katanya support HDA/ Sis…?
    nih beberapa kawan2 juga mengeluhkan masalah sound card yang bisu di masing-masing lepi…beda2 beda lagi.
    mohon pencerahannya mastah…maklum saya masih newbie..

  11. Ping-balik: Instal Linux Mint 16 Petra | Linux, Komputer & IT

  12. Ping-balik: Instal Linux Mint 16 Petra | Ilham Fathuddin AlFatih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s