Akhirnya, Triple Boot Linux, Windows dan Mac (Hackintosh)!


hackintosh.jpg

Halo Pembaca!! Sudah lama saya memimpikan menggunakan Mac, akhirnya kesampaian juga, walau hanya Hackintosh:mrgreen:. Semua ini berawal ketika beberapa minggu yang lalu saat jadi assisten lab, saya melihat ada seorang mahasiswa membawa netbook acer seri lawas, Aspire One D150. Awalnya saya tidak menyadari kalo OS yang dipakai adalah hackintosh sampai seorang temannya bilang ke saya kalo dia pakai OS Mac OSX (Hackintosh), hohoho langsung saja saya samperin dan kita mulai ngobrol-ngobrol soal Mac🙂. Mahasiswa yang bernama Mika tadi bersedia membuatkan Installer USB Mac (Hackintosh) dari dari distro iATKOS, gak tau deh versi berapa, tapi tar kalo dah di instal jadi Mac OSX 10.5.7 :p.

Perjuangan Instalasi

USB installer sudah ditangan. Seperti kembali dari nol, saya sama sekali buta soal instalasi Mac. Saya mencoba menginstal sendiri di netbook Acer AO 531h dengan didampingi dedengkot dunia maya, Mbah Google :p. Hasilnya? Gagal! muncul pesan error kalo gak salah kayak gini “Cannot validate package apple.intel.10.5.7 bla bla bla…” Saya utak-atik pilihan customize insalasinya pun sama saja, error dengan pesan yang sama😦. Akhirnya saya menunda instalasi hackintosh, sialnya, setelah kegagalan instalasi tersebut, netbook saya gak bisa boot ke windows 7 maupun linux yang sebelumnya sudah terinstall, waduh!!😦 Makin menderita, kerjaan jadi tersendat-sendat tanpa netbook. Anehnya, netbook tadi juga tidak bisa booting dari linux Mint liveUSB, yang sebelumnya saya coba di PC lancar jaya. Akhirnya bootloader berhasil direpair menggunakan Ubuntu LiveUSB. Esoknya, saya kembali menemui Mika untuk menanyakan masalah yang saya alami. Ternyata, LiveUSB installer Hackintosh-nya emang bermasalah.

Beberapa minggu kemudian, saya kembali bertemu si Mika, dan dia baru saja menginstal ulang mac di netbooknya menggunakan LiveUSB yang udah bener:mrgreen:. Hohoho langsung saja saya pinjam flashdisknya untuk menginstal hackintosh di netbook saya:mrgreen:. Setelah berkali-kali mengulang instalasi, akhirnya Mac OSX 10.5.7 Leopard (Hackintosh) berhasil teinstall di netbook tercinta :p.

Kesan Pertama….

Kesan pertama ketika netbook saya menyuguhkan tampilan macintosh, ELEGAN🙂. Orang bilang, kesan pertama, begitu menggoda :p. Hampir semua hardware di netbook saya ini berjalan dengan baik, kecuali wifi nya, sampai sekarang belum bisa digunakan😦. Modem Huawei E160G andalan saya pun dapat digunakan dengan baik, begitu juga dengan printer epson T11. Sound gak ada masalah, Graphic juga gak ada masalah, Quartz Extreme berjalan dengan baik😀. Masalah muncul malah ketika setting triple boot, agar Windows 7 dan linux dapat digunakan disamping mac yang telah terinstall :p. Bersambung….

25 comments on “Akhirnya, Triple Boot Linux, Windows dan Mac (Hackintosh)!

  1. Salam kenal mas Ditya…, mas, ijin tukeran link ya, link blog ini (tuxlin.wordpress.com) sudah terpasang di blog saya dibagian Link, saya tunggu link baliknya ya…, thanks.

  2. sip mas artikel dan archivenya. salam kenal sebelumnya. oya kalo berkenan bertukar link dengan blog saya ya. walaupun pr nya masih 2. link saat ini sya pasang disidebar saya. dilink sahabat. salam dari saya.

    aryes Novianto
    Owner BLOG MEDIA

  3. Woooooow saya baru tahu ada kompi dengan 3 OS!!😀😀😀

    Salut, luar biasa….😀
    Kalo hackintosh saya tahu, cuman setahu saya hackintosh itu cuman sebuab cara supaya Mac bisa dijalanin di kompi biasa.🙂

    Hehe, Mac elegan kan? :mrgreen:

  4. @Asop
    elegan banget, wah tampaknya saya cocok hidup di OS keturunan Unix (mac, linux) drpd wind*s:mrgreen:
    Setau saya halah hackintosh itu mac yang udah diutakatik agar bisa diinstal di PC/non apple, hackintosh itu ada macem2 distro ex:Kalyway, iDeneb, iATKOS dsb.
    Ini bukan kompi, tapi netbook dengan prosesor kacang Atom n280, agak ngos2an juga sih jalanin mac😀

  5. maaf mlezet dkit..,…maz zy pngen bli notebook,budget 4 jutaan tp pngnx toshiba yg bguz buat maen game 3D….kira2 ada nggak mas.tolong yah

  6. @Dwi
    itu bukan liveusb, tapi usb installer, saya pake flashdisk 8GB, HP Mini 110-3014TU gak tau ya, lum pernah nyoba… kalo pun bisa, kayake VGA nya yang gak jalan dengan baek, lum ada kext nya soale, CMIIW

  7. Btw boleh pinjem flashdisk nya gak kak? Atau aq beli deh.. Mo nginstall juga neh di netbook ku:)

  8. @Dwi
    boleh aja😀, kext itu kernel extension, yah mirip driver lah, VGA nya yang penting kedetek aja udah untung banget😀

  9. jadi curhat nih ceritanya😦
    dishare juga dong mas caranya.. plis.
    saya pengen juga triple boot ama mac..
    udah lama memimpikan menggunakan mac..😦
    saya juga udah dual boot, ubuntu dan win7

  10. Nice share,
    saya ingin mencoba metode triple boot tapi entah kenapa sampai sekarang partisi LInux saya tidak terdeteksi oleh chameleon boot loader OSX

  11. Great job! Wireless network di Hackintosh memang sangat tricky. Saya punya Lenovo 3000 Y400 dan Toshiba Satellite L300, dua2nya ga jalan di wireless networknya.

    Instalasi saya adalah iATkosv7 (10.5.7). Makanya saya tertarik dengar bahwa Huawei E160G berjalan dengan baik. Bisa share, apakah pakai driver aslinya atau harus download kext? Kalau download, dimana?

    Terima kasih.

  12. @mskoemtjoro
    kalo di iATKOS v7 pake driver bawaan bisa kok, tapi kalo di SL harus download driver baru, saya dulu drivernya juga lupa, coz udah lama banget😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s