Huawei E1756: Instalasi di Mac OS X

Mobile partner

Halo Pembaca!! Setelah pada artikel kemarin saya sedikit melakukan review pada modem Huawei E1756 milik bapak, kini saya akan melakukan instalasi modem Huawei E1756 ini di sistem operasi Mac OS X versi purba 10.6.8 Snow Leopard. Lha kok pake Mac OS X versi lawas? Maklum saja, netbook saya si Merah cuma mampu sampai versi ini, hahahaha… Lha pake Snow Leopard saja dah ngos-ngosan, apa lagi pake Lion atau Mountain Lion, wah gak bisa bunting booting ntar. Padahal si Apple kroak bentar lagi dah rilis Mac OS X 10.9 Mavericks, makin purba ketinggalan saja yang saya pake Disappointed smile. Gak papalah, syukuri apa yang ada, toh netbook Acer aka si merah saya masih tabah sampai akhir :mrgreen:.

Oke langusung saja kita membahas instalasi modem Huawei E1756 di Mac OS X 10.6.8 Snow Leopard. Pertama, pastikan perangkat komputer atau notebook dalam keadaan hidup dan modem Huawei E1756 sudah tertancap di port USB. Kemudian tunggu sampai keluar window Finder seperti gambar di atas dan dobel klik ikon Mobile Partner untuk instalasi aplikasi Mobile Partner. Akan keluar window seperti screenshot di bawah ini:

Baca lebih lanjut

Tagr: Ngetag File MP3 Gak Pake Lama

Tagr

Halo Pembaca!!! Pernah gak sih ngalamin habis download lagu MP3 trus di pindah ke hape ato laptop trus dimainin ke player macam Winamp ato Foobar2000 gak keluar nama artis atau judul lagunya, yang kluar cuma Unknown Artist dan judul lagunya Track 1, Track 2 dst :mrgreen: . Seperti gambar dibawah ini :

unknown

Nah itu file MP3 (MPEG Layer 3) nya belum di tag atau tag masih berantakan, kan ribet juga kalo misalnya kita mau bikin playlist lagu trus kita search berdasarkan nama artis atau albumnya, eh kagak nongol gara-gara MP3 nya belum di Tag alias masih kosongan aja Smile with tongue out. Biar keluar nama artis, album, tahun rilis, dan judul lagunya, kita harus ngetag file MP3 nya. Lalu Tag itu apa sih? Setau saya, Tag di file MP3 tu semacam metadata yang menunjukkan identitas file MP3 tersebut, misal artis yang nyanyi, album, tahun rilis albumnya, track nomor berapa, judul albumnya, dan sebagainya. Hal yang sama juga terdapat pada file gambar, bedanya pada parameternya saja. Kalo gambar parameternya seperti resolusi, kamera yang dipake buat motret, aperture, ISO dan sebagainya. Buat ngetag MP3, saya pake software Tagr yang jalan di Mac OSX. Beikut tampilan Tagr :

Baca lebih lanjut

Adium, Software Chatting Komplit Buat Mac OSX

Adium

Pengguna Mac OSX tentu tidak asing lagi dengan software chatting paling populer di Mac OSX, Adium yang mendukung berbagai protokol instant message seperti Yahoo Messenger, Windows Live, AIM dan sebagainya. Software Adium ini mirip banget sama Pidgin di Windows dan Linux :D.

Adium awalnya dikembangkan oleh Adam Iser dan pertama kali diluncurkan pada September 2001 dengan mengusung versi Adium 1.0 dan saat itu hanya mendukung protokol chatting AIM.

Software Adium ini kini menjadi software chatting open source yang dikembangkan mengkolaborasikan Cocoa API (Application Programming Interface) milik Mac OSX dengan dukungan berbagai layanan instant messagingmelalui library milik Pidgin, libpurple.

Saat ini Adium menjadi primadona di kalangan pengguna Mac OSX diberbagai belahan dunia karena kemudahan dan kelengkapan fitur yang ditawarkan.

Baca lebih lanjut

Bikin Live USB Ubuntu 12.04 Di Mac Via Unetbootin

Halo Pembaca! Baru-baru ini saya selesai mengunduh distro Ubuntu Linux 12,04 Precise Pangolin. Rilis Ubuntu 12.04 ini adalah rilis LTS (Long Term Support) dimana rilis ini bakal di support selama 3 tahun kedepan. Saya download iso Ubuntu 12.04 LTS disini. Jujur saja sejak Ubuntu pakai desktop Unity, saya gak jadi gak begitu suka. Mungkin karena saya gak biasa pakai Unity, jadinya berasa ribet pake nya Open-mouthed smile. Oya pada posting kali ini, saya mau bikin Live USB atau USB installer Ubuntu 12.04 LTS melalui Mac menggunakan software andalan, Unetbootin. Prosesnya gak jauh beda kalo kita bikin Live USB/USB installer di Windows. Apa saja yang perlu disiapkan?

  • File iso Ubuntu 12.04 LTS, download disini.
  • Software Unetbootin untuk Mac, download disini.
  • Tentu saja iMac/Macbook atau Hackintosh Smile with tongue out
  • USB Flashdisk min. 1GB.
  • Secangkir kopi atau minuman apa saja biar gak ngantuk Smile with tongue out

Baca lebih lanjut

Bikin USB Installer iATKOS S3 V2 (Mac OSX 10.6.3)

Image00006

Halo Pembaca! Setelah kemarin saya posting tentang linux dan hardware, kali ini saya akan membahas tentang hackintosh. Jujur saja, sebenernya saya masih newbie soal dunia per-hackintosh-an, namun saya mencoba share apa yang sudah saya ‘bisa’ di hackintosh Smile. Pada artikel kali ini saya membahas bagaimana cara membuat USB installer hackintosh dari distro iAtkos S3 V2 dengan bantuan tool Netbook Installer. Berikut bahan-bahan yang diperlukan :

  • USB Flashdisk 8GB
  • Komputer/Notebook dengan OS Macintosh
  • Iso distro iAtkos S3 V2, bisa didownload disini
  • Software Netbook Installer, bisa didownload disini
  • Secangkir kopi penawar rindu Coffee cupSmile with tongue out

Oke, setelah semua bahan terpenuhi, hidupkan mac, install dulu netbook installer Smile, Kemudian double click iso iAtkos S3 V2 agar iso tersebut ter-mount. Tancapkan USB Flashdisk dan jalankan Disk Utility.

Image00007 Tampilan Disk Utility

Baca lebih lanjut