Xigmatek Asgard: Casing Keren, Harga Murah

DSC_0367

Halo Pembaca!! Beberapa waktu lalu saya sempat berencana untuk melakukan upgrade komputer yang telah lama menemani saya berjuang sejak pertengahan tahun 2008 lalu. Namun, karena bujet harus dialihkan untuk keperluan lain, akhirnya saya memutuskan untuk nyicil ganti casingnya dulu Smile with tongue out, dari kaleng kerupuk casing lama ke casing Xigmatek Asgard. Nama Xigmatek tentu sudah tak asing lagi bagi pengguna komputer, pembesut produk power supply dan CPU cooler macem Thors Hammers ini juga menghadirkan jajaran produk casing, salah satunya ya Xigmatek Asgard adeknya Xigmatek Midgard, ini yang paling kecil dan paling murah, yakni 295rb. Xigmatek Asgard ini berukuran kurang lebih sama dengan casing komputer standar, hanya sedikit lebih besar saja. Berikut tampang casing Xigmatek Asgard :

Baca lebih lanjut

Makan Debu & Keracunan Spiderman, Komputer Mogok…

DSC_0265

Halo Pembaca! Ketika saya sedang sibuk ngupil ngurusin kerjaan, seseorang menelepon ibu saya, dan mengatakan kalo komputer dikantornya gak mau hidup. Lah ni orang mungkin panik atau gimana kok malah nelpon ibu saya? Smile with tongue out Akhirnya, setelah kerjaan selesai, saya langsung meluncur ke kantornya, dan ternyata benar, komputernya gak mau hidup disertai bunyi beep berkali-kali, tanda kalo ada komponen yang gak beres. Karena tak cukup waktu dan tempat yang gak memungkinkan, akhirnya saya bawa pulang saja komputer itu untuk saya hancurkan analisa lebih lanjut Nerd smile.

Sampai dirumah, langsung saya bongkar casingnya, dan ternyata ada banyak sarang spiderman laba-laba dan debu yang bikin koloni di dalam casing komputer Smile with tongue out. Setelah saya cek, ternyata memori RAM tidak terdeteksi karena slotnya sudah jadi perumahan liar bagi debu-debu jahat! Akhirnya saya menggunakan Satpol PP kuas untuk menggusur debu-debu jahat dari slot memori RAM. Setelah itu, komputer normal kembali. Seperti yang pernah saya ungkapkan pada posting terdahulu, menjaga kebersihan komputer itu penting, karena didalamnya terdapat komponen-komponen elektronik yang sensitif jika kena debu.

Baca lebih lanjut

Solid State Drive (SSD) Media Penyimpanan Masa Depan Pengganti Hardisk

SSD

Nama SSD (Solid State Drive) mungkin sudah mulai sering terdengar ditelinga kita, apalagi kehadiran platform Ultrabook yang kian populer turut mendongkrak popularitas SSD sebagai media penyimpanan.

SSD sendiri adalah media penyimpanan berbasis chip Flash yang berjenis non volatile memory. Apa itu non volatile memoryNon volatile memory memungkinkan data yang tersimpan di SSD tidak hilang meski aliran listrik terputus. Sedangkan yang berjenis violatile akan kehilangan data ketika aliran listrik terputus, seperti memory RAM (Random Access Memory).

Media penyimpanan SSD berbasis Flash pertama kali diperkenalkan pada taahun 1995 oleh M-Systems dan saat ini mulai digunakan secara luas oleh pengguna komputer maupun kalangan enterprise.

SSD saat ini mulai diaplikasikan pada laptop tipis dan ringan seperti MacBook Airdan Ultrabook dan menggantikan posisi hardisk sebagai media penyimpanan.

Baca lebih lanjut

Ganti Pasta….

Photo-0253

Halo Pembaca! Pada posting lalu saya sampat mereview lambatnya koneksi smartfren modem Huawei EC1261-2 yang saya beli di pameran jogja awal bulan ini, tak lapa saya juga menyisihkan sedikit uang untuk membeli pasta prosesor, istilah bule nya “Thermal Compound Kit”. Buat apa nih pasta? tentu bukan buat gosok gigi atau bikin gigi mengkilap Smile with tongue out. Pasta ini berfungsi sebagai perantara mengalirkan panas dari prosesor ke heatsink. Pasta ini penting untuk menjaga kestabilan panas prosesor/VGA, juka panas tidak ditransfer dengan baik ke heatsink, maka akan prosesor akan terpanggang mengalami overheat. Nah liat nih pasta di pameran, jadi inget kalo komputer Tuxlin dirumah sudah lama tidak diganti dari sejak beli dulu (belum pernah ganti pasta :mrgreen: ?!). Padahal itu komputer dibeli sejak pertengahan tahun 2008! Sudah hampir 4 tahun Smile with tongue out. Akhirnya saya memutuskan untuk mebeli pasta prosesor yang paling murah Smile with tongue out (maklum, lagi bokek :mrgreen: ). Saya beli pasta merk Cooler Master HTK-002 30 ribu saja Open-mouthed smile. Sebenernya yang jual juga nawarin thermal pasta dengan kasta yeng lebih tinggi seperti Noctua, Thermaltake TG 1, namun harganya 70 ribuan keatas, ya sudahlah coba yang murah dulu Smile.

Nih screenshot suhu sebelum ganti pasta :

Baca lebih lanjut

[newbie] Overclock Geforce 9400GT

Photo-0011

Eagle Geforce 9400GT

Halo Pembaca! Pada posting sebelumnya, eagle geforce 9400GT memiliki spesifikasi clock 550/1375/330Mhz (core/shader/memory). Eagle Geforce 9400GT berkekuatan 16 stream prosesor, 128 bit memory interface, 512MB DDR2 VRAM. Berikut tool yang saya gunakan antara lain, RivaTuner untuk mengoverclock cardnya, bisa download disini. GPU-Z, fungsinya mirip CPU-Z, untuk mengidentifikasi grafis yang kita pakai lengkap dengan sepsifikasi teknis dan clock speednya, download disini.

GPU-Z, 9400GT dalam keadaan standar

Baca lebih lanjut

ASUS X42DE, Laptop Murah Meriah, Spek Gahar!

DSC00053

Halo pembaca! Baru kali ini Tuxlin lab kedatangan sebuah laptop dari brand Asus, ya Asus X42DE. Laptop ini milik sodara saya, dia beli di jogja dengan harga 4,1 juta. Pada satu kesempatan, akhirnya notebook ini bisa juga ‘nginep’ di tuxlin lab, kesempatan buat me-review, hahahay Winking smile. Asus X42DE ini memiliki spesifikasi sebagai berikut :

  • Prosesor AMD Phenom II X3 N830 2,1 Ghz
  • Memory DDR3 2GB
  • VGA Ati Radeon HD5470 512 MB
  • 320GB HDD
  • 14” LED LCD 1366×768 pixel
  • Bluetooth
  • Webcam, wifi, card reader, HDMI, LAN
  • 6 cell baterai 4400 mAh

Tampang notebook Asus X42DE ini cukup elegan, dengan warna hitam glossy dan finishingnya pun kokoh.

DSC00054

Nampang bareng si merah n PC

Baca lebih lanjut

VPC YB15AG, Vaio Bermesin AMD E350 (Zacate)

DSC00026

Tampangnya Open-mouthed smile

Halo Pembaca! Akhirnya kesampaian juga Tuxlin Lab mencicipi performa AMD E350 ‘Zacate’, setelah sebelumnya mencicipi performa APU AMD C50 ‘Ontario’. AMD E350 ini kelasnya diatas Ontario, yang memiliki TDP 9W kalo gak salah, nah E350 alias Zacate ini memiliki TDP 18W. Kenapa disebut APU? Pada artikel sebelumnya sudah telah di bahas, APU (Accelerated Processing Unit) adalah istilah dari AMD untuk produk fusion-nya. Fusion adalah penggabungan CPU dan GPU dalam sebuah die silicon. Back to taufik topik, kembali ke vaio, hehehhehe berikut spesifikasinya :

  • AMD E350 APU (1,6Ghz, dualcore, 1 MB L2 Cache
  • AMD Radeon HD6310 (80SP, DX11, 492Mhz)
  • AMD A50M Chipset
  • 2GB DDR3 Memory
  • 11,6” WXGA LED (1366×768)
  • 320GB HDD
  • LAN, WLAN, Card Reader, Bluetooth, Webcam
  • 3500 mAh battery
  • Windows 7 Starter

Baca lebih lanjut

[MILD OVERCLOCK] AMD Athlon II X2 245

Athlon 64 X2 new models 01

Halo pembaca!! Pada artikel sebelumnya, saya bercerita tentang upgrade komputer lawas dengan prosesor, motherboard dan memory baru. Komponen tersebut adalah sebuah prosesor AMD Athlon II X2 245 (2,9Ghz), Biostar A780L3G (AMD760G) dan 2GB Team Elite memory DDR3 1333. Athlon II X2 245 ini memiliki codename Regor memang bukan prosesor terbaru, namun performa yang dimilikinya cukup untuk komputasi menengah. Motherboard yang saya pakai, Biostar A780L3G yang menggunakan chipset AMD 760G+SB710 dan dilengkapi grafis onboard Radeon HD3000. Motherboardnya RMA karena gak bisa menympan settingan bios, akhirnya di replace dengan motherboard baru, nice service Open-mouthed smile. Setelah urusan RMA selesai, saya punya sedikit waktu untuk bermain-main dengan PC satu ini, nyobain kemampuan overclock Devil, berikut spek lengkapnya :

AMD Athlon II X2 245 2,9GHz, 2x1MB L2 cache, HSF Standard

1 keping DDR3 2GB Team Elite

Motherboard Biostar A780L3G

WDC Green 500GB dan Maxtor 80GB SATA

DVD Combo Drive

PSU Extreme 500W Wilted rose

Baca lebih lanjut

Upgrade Komputer Tua? Yuk Mari…

Photo-0019

Halo pembaca!!! Sudah 2 bulan saya gak posting di blog ini karena akhir-akhir ini sibuk mengais rezeki (halah! :p). Pada posting kali ini saya mencoba berbagi pengalaman mengupgrade komputer yang cukup tua J, komputernya siapa? Komputernya cewek ane gan :p. Komputer tua ini memiliki spek yang lumayan di zaman nya, berikut speknya :

Prosesor Intel Pentium D 805 2,66Ghz

Memory 1GB DDR PC3200

Motherboard dengan chipset Intel 865G

VGA Intel Extreme Graphics 2 (Onboard)

Hardisk Maxtor 80GB SATA I

Hardisk WDC Green 500GB SATA II

DVD Combo drive

Extreme PSU 500W

Baca lebih lanjut

Ubah Tampilan Windows 7 Jadi (mirip) Macintosh Snow Leopard

Halo Pembaca! Pesona tampilan OS Mac emang gak ada matinya :D, jujur saja saya kesengsem sama tampilan OS satu ini. Kini sudah sedikit terobati dengan menggunakan hackintosh, namun pada posting kali ini saya gak membahas hackintosh, tapi Windows 7 :mrgreen:. Bagi yang pengen tampilan windows 7 nya berubah jadi mirip mac, berikut langkah2 mengubah tampilanya dengan bantuan software STP (Snow Transformation Pack) versi 1.5, downloadnya dimana gan? Googling aja, pasti ketemu, ane dapetnya juga dari situ :mrgreen:. Oya jujur, saya lum pernah nyoba software ini di windows XP tapi sepertinya cuma buat windows Vista/7. Oke, setelah download STP 1.5 yang berukuran sekitar 30MB, langsung saja kita rubah tampang ‘Jendela’ jadi mirip ‘Kucing Salju’ :mrgreen:. Sebelum menginstall STP 1.5, matikan dulu User Account Control (UAC) melalui menu Control Panel>User Account, setelah dimatikan, restart komputer terlebih dahulu.

New Picturewtmk.jpg

Matikan terlebih dahulu UAC dengan menggeser slider ke paling bawah

Kenapa harus matiin UAC segala? kan ribet? Gak tau deh, tanya aja sama developer STP :mrgreen:. UAC harus dimatikan karena STP 1.5 ini akan mengubah file-file konfigurasi dan beberapa file dll, so kalo gak dimatikan mungkin windows 7 bakal cerewet :D. Oke setelah komputer di restart, jalankan STP 1.5.

welcomewtmk.jpg

Welcome to bla…bla…bla… klik next :p

Baca lebih lanjut