Lenovo IdeaPhone A690, Smartphone Android Murah dengan Spek Lumayan


DSC_0364

Halo Pembaca! Beberapa waktu lalu sodara saya bermaksud membeli smartphone Android untuk anaknya yang masih kelas 5 SD (Halah, masih SD aja dah pake Android :mrgreen: ) dengan bujet maksimal 1,2 juta. Saya pun balik nanya, “Apa yang dibutuhkan?” Dia jawab, “Yang penting Android”, Hadeh… Malamnya, saya bersemedi sambil memanggil mbah Google untuk meminta petunjuk, dan muncul 3 nama kandidat, yakni Samsung Galaxy Y, Acer Liquid Z110, dan Lenovo IdeaPhone A690. Galaxy Y aka Galaxy Young mengusung spek paling rendah dari ketiga kandidat tersebut, tapi dia bawa nama besar Samsung, tapi akhirnya saya coret. Setelah melihat gambar Lenovo IdeaPhone A690 dan Acer Liquid Z110, sodara saya memilih Acer Liquid Z110, selain bentuknya elegan, harganya juga lebih murah. Beruntung, saya langusng mampir ke lounge Acer Liquid Z110, ternyata sedang terkena wabah HKJ (Home Key Jammed), akhirnya saya sarankan untuk memilih Lenovo IdeaPhone A690. Kami pun mampir ke pameran Solo Mega Bazaar Computer (MBC) 2013 dan berhasil mengakuisisi Lenovo IdeaPhone A690 dengan harga Rp 1.125.000. Berikut spesifikasi smartphone Lenovo IdeaPhone A690 :

  • Sistem Operasi Android v2.3.6 Gingerbread
  • Chipset MediaTek MT 6575, prosesor ARM Cortex-A9 single-core 1GHz
  • Grafis PowerVR SGX 531
  • Kamera 3,2 megapiksel
  • Layar 4 inci, dengan resolusi 480 x 800 pixels, 233 ppi (pixel per inch), 16 juta warna
  • Memori RAM 512MB, ROM 512MB, yang kosong cuma 100 MB Smile with tongue out
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio
  • Tri GSM (900/1800/1900) plus 3G UMTS/HSPA, Dual SIM & Dual Standby
  • Dimensi 124 x 65 x 11 mm
  • Berat 134g
  • Baterai 1500mAh

DSC_0350

Spesifikasi yang ditawarkan Lenovo IdeaPhone A690 ini cukup lumayan untuk kelas 1 jutaan, terlebih  Lenovo telah memiliki nama di pasar PC dan notebook. Berikut isi boks Lenovo IdeaPhone A690 :

  • Handset Lenovo IdeaPhone A690
  • Kabel data USB
  • Kepala charger
  • Earphone
  • Baterai
  • MicroSD 4GB terpasang di dalam ponsel
  • Kartu garansi
  • Buku Manual

Tampang & Build Quality

DSC_0361DSC_0353

Lenovo IdeaPhone A690 datang dengan casing plastik berwarna hitam dengan kualitas baik, tebal, dan mantap dipegang. Casing bagian belakang Lenovo IdeaPhone A690 ini bertekstur mirip kulit membuatnya semakin mantap dipegang dan tidak licin. Smartphone Lenovo IdeaPhone A690 ini juga cukup tipis. Kamera dan speaker Lenovo IdeaPhone A690 ini berada di belakang ponsel. Secara umum, Lenovo IdeaPhone A690 ini cukup elegan. Lenovo menempatkan port microUSB, tombol on/off, dan 3,5mm jack di bagian atas ponsel, dan volume rocker di samping bodi Lenovo IdeaPhone A690.

DSC_0352DSC_0360

Impresi Awal Lenovo IdeaPhone A690

DSC_0363

Karena saya gak lama pegang smartphone Lenovo IdeaPhone A690, makanya semua yang saya rasakan saya tulis di bagian impresi awal, Ketika Lenovo IdeaPhone A690 pertama kali diaktifkan, seperti kebanyakan smartphone Android lainnya, dia akan meminta pengguna untuk memasukkan akun Google, kalo gak punya ya disuruh daftar Smile with tongue out, tapi di skip bisa kok, tapi harus daftar kalo mo pake Google Play Store. Tampilan menu Lenovo IdeaPhone A690 yang mengusung antarmuka IdeaDesktop standar saja, hanya beda di icon aplikasinya jadi bulat-bulat seperti gambar di atas, hehehe… Layar cukup terang, sudut pandangnya juga cukup luas, dan respon touchscreennya cukup sensitif dan responsif.

Performa Lenovo IdeaPhone A690 ini cukup cepat dalam buka tutup aplikasi, mungkin karena belum ada aplikasi tambahan yang terinstall di Lenovo IdeaPhone A690 ini, hehehe… Hal yang membuat saya kurang nyaman dari smartphone Lenovo IdeaPhone A690 ini adalah keyboardnya yang hanya menyediakan Android keyboard QWERTY. Saya lebih nyaman pake yang model phone pad, mungkin karena saya sudah terbiasa pake itu di Xperia Ray. Salah satu kekurangan lain yang saya temui adalah hasil foto Lenovo IdeaPhone A690 ini yang agak gelap, apa lagi di dalam ruangan. Berikut hasil foto Lenovo IdeaPhone A690 di dalam ruangan dengan cahaya dari lampu :

IMG_20130310_195828

Hasil foto Lenovo IdeaPhone A690 di dalam ruangan

Sayangnya, saya belum sempat memotret di luar ruangan saat siang hari menggunakan Lenovo IdeaPhone A690, soalnya keburu diambil sama yang punya, hehehehe Smile with tongue out. Secara umum, dengan harga 1.125.000, smartphone Lenovo IdeaPhone A690 ini cukup worth to buy dan cocok bagi yang pengen nyobain smartphone Android dengan bujet minim.

Plus: Harga kompetitif, spek lumayan, resolusi layar WVGA, build quality oke

Minus: Masih pake OS Gingerbread, memori internal cuma sisa 100MB, hasil foto agak gelap

Outro…

Sebelum membeli Lenovo IdeaPhone A690, sodara saya sempat ragu setelah bertanya, “Lenovo itu merk dari negara mana?”, langsung saya jawab,”Lenovo itu merk China“. Sodara saya langsung ragu, ini Lenovo awet gak ya? Kalo awet sih tergantung yang make sama faktor keberuntungan, hehehehe Smile with tongue out. Akhirnya saya jelasin kalo Lenovo itu merk terkenal, di pasar PC dan laptop global, Lenovo menduduki posisi kedua dibawah Hewlett-Packard. Sampai disini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat Smile.

About these ads

22 comments on “Lenovo IdeaPhone A690, Smartphone Android Murah dengan Spek Lumayan

  1. @ditya
    Koq gak beli galaxy chat ato smartfren andromax i? :mrgreen: btw,xperia ray itu keren banget yah kalo pas difoto :mrgreen: btw acer aspire one 756 ama hp pavillion dm1-4000AU (pentium 987 vs amd e450)

  2. Ping-balik: Lenovo IdeaPad S100: Netbook Murah, Spesifikasi Jadul | Linux, Komputer & IT

  3. Ping-balik: Dapat Blog Award Lagi | Linux, Komputer & IT

  4. lenovo a690 android murah tp ndk kalah ma yang mahal.. internet ok HSdpA, (youtube, camfrog, fb dll) telp jg ok. gambar jernih, kamera saja yng kurang begitu bagus… kalo kita ndk buka web internet ndk jalan.. saya saja heran.. sebagai pengganti notebook/laptop kalo lagi pergi2

  5. @teleque
    Lenovo saat ini emang membidik pasar menengah ke bawah dengan mengandalkan spesifikasi yang cukup bagus, saya lumayan suka sama merk ini meski gak make :)

  6. Ping-balik: Gadmei P520: Power Bank Oke, Harga Hemat | Linux, Komputer & IT

  7. Ping-balik: BBM for Android: Dirilis Oke, Nggak Juga Gak Masalah | Linux, Komputer & IT

  8. Ping-balik: Lenovo A390, Dual Core dengan Android Ice Cream Sandwich | Linux, Komputer & IT

  9. Ping-balik: Lenovo A390: Kemampuan Kamera & Fiturnya | Linux, Komputer & IT

  10. Ping-balik: Samsung C3520 Citrus: Ponsel Lipat yang Kini Hampir Punah | Linux, Komputer & IT

  11. Ping-balik: Samsung Galaxy Star: Smartphone Murah, Dual SIM Minus 3G | Linux, Komputer & IT

  12. Ping-balik: Sony Xperia M: Kemampuan Kamera & Fiturnya | Linux, Komputer & IT

  13. Ping-balik: Tren Smartphone 2014: Spek makin Gila, Harga Juga | Linux, Komputer & IT

  14. Ping-balik: Lenovo A369i, Dual Core dengan Android Jelly Bean | Linux, Komputer & IT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s