Acer Aspire E1-421, Laptop 14 inci Bertenaga AMD APU E1-1200


DSC_0136

Halo Pembaca! Setelah sekian lama gak ada laptop mampir di Tuxlin Lab, akhirnya ada juga yang mampir Open-mouthed smile. Laptop yang mampir kali ini adalah laptop 14 inci Acer Aspire E1-421 yang ditenagai oleh AMD APU (Accelerated Processing Unit) E1-1200 yang dibeli seharga 3,2 jeti. Hohohoho… awalnya yang punya laptop ini pengennya beli netbook yang menggunakan layar 10,1 inci, tapi begitu liat barangnya, lah kok kekecilan? Akhirnya saya sarankan ambil netbook yang pakai layar 11,6 atau 12 inci. Setelah liat barangnya, lha kok masih kurang besar? Akhirnya saya sarankan untuk ambil laptop 14 inci saja. Begitu pegang laptop 14 inci, dia bilang kalo laptopnya terlalu besar dan berat Confused smile.

Susah juga kalo nganter beli laptop yang belum direncanakan sebelumnya beli yang mana Smile with tongue out. Dia nanya lagi, ada gak laptop 14 inci, yang kenceng, tapi ringan dan enteng? Saya jawab saja ada, namanya Ultrabook, harganya mulai 6,5 jutaan hahahahahaha… :mrgreen: Setelah 1 jam bingung , akhirnya dia memutuskan untuk ambil Acer Aspire E1-421. Berikut spesifikasi lengkap Acer Aspire E1-421:

  • Prosesor AMD APU E1-1200 Dual-Core 1,4GHz
  • Monitor 14.0″ HD Acer CineCrystal™ LED LCD
  • Grafis AMD Radeon™ HD 7310
  • Memori RAM 2 GB DDR3 Memory
  • Hardisk 320 GB SATA
  • DVD-Super Multi DL drive
  • WiFi Acer Nplify™ 802.11b/g/n
  • Acer Crystal Eye HD webcam, card reader
  • Baterai 6-cell Li-ion battery, 4400 mAh
  • Warna : Hitam

DSC_0123

Begitu sampai rumah, langsung deh itu laptop Acer Aspire E1-421 langsung dibongkar, apa saja isi boks nya? Ini dia isinya :

DSC_0124

  • Notebook Acer Aspire E1-421
  • Adaptor charger+kabel power
  • Buku manual
  • Kartu garansi
  • CD Driver
  • Tas Acer
  • Bonus Mouse Acer+keyboard protector Acer

Desain Acer Aspire E1-421

Secara umum, desain laptop Acer Aspire E1-421 cukup elegan dengan material mayoritas plastik. Sekilas tampilan laptop Acer Aspire E1-421 ini mirip laptop keluaran HP seri CQ-40, namun sudut-sudut pada laptop Acer Aspire E1-421 terlihat lebih tegas. Laptop Acer Aspire E1-421 ini lebih tipis dibandingkan dengan laptop 14 inci kebanyakan.

DSC_0129

Sisi kanan Acer Aspire E1-421 terdapat keshington lock, DVD-RW drive dan 2 port USB 2.0

DSC_0131

Sisi kiri laptop Acer Aspire E1-421 terdapat port power, port ethernet, exhaust, port D-sub, port HDMI, port USB 3.0 dan port audio.

Usability

Keyboard Acer Aspire E1-421 cukup nyaman digunakan meski tidak mengusung model chicklet hal ini dikarenakan tuts-tutsnya berukuran besar dan lumayan empuk dipencet-pencet, jadi lumayan enak buat ngetik Winking smile. Namun, entah kenapa touchpadnya kurang nyaman dipakai atau jari saya yang gak cocok ya I don't know smile.

DSC_0128

Performa Acer Aspire E1-421

Performa yang dihasilkan oleh laptop Acer Aspire E1-421 ini tentu saja tak begitu istimewa mengingat AMD E1-1200 dual-core dengan kecepatan 1,4GHz ini termasuk keluarga AMD Bobcat atau AMD Brazos 2.0 yang notabene mengedepankan efisiensi konsumsi daya dibandingkan performa. Namun, jika dibandingkan dengan prosesor Intel Atom 2xxx series, tampaknya AMD E1-1200 ini masih lebih superior.

Salah satu kelebihan prosesor AMD APU E1-1200 ini adalah grafis yang terintegrasi yang cukup bertenaga, yakni AMD Radeon HD 7310. Tuxlin mencoba Acer Aspire E1-421 ini untuk menjalankan game lawas FarCry 2 cukup lancar dengan setting grafis yang diturunkan. Laptop Acer Aspire E1-421 ini dibekali memori RAM sebesar 2GB DDR3, sudah mencukupi untuk menjalankan aplikasi sehari-hari.

aCER E1421

Secara umum, performa Acer Aspire E1-421 ini sudah mencukupi untuk kebutuhan komputasi sehari-hari. Skor yang dihasilkan di rating Windows 7 mencapai 3,4 dimana skor terendah berasal dari kinerja prosesor. Namun, performa grafis Acer Aspire E1-421 ini menunjukan kinerja yang cukup lumayan dengan skor Gaming graphics mencapai 5,7.

Outro…

DSC_0126

Ada hal yang aneh dari laptop Acer Aspire E1-421 , yakni spesifikasi yang tertera pada bezel di laptop dengan spesifikasi sebenarnya berbeda. Menurut bezel, Acer Aspire E1-421  ini ditenagai oleh prosesor AMD APU generasi pertama, yakni E300 dual-core dengan kecepatan 1,3GHz dengan grafis terintegrasi AMD Radeon HD 6310. Namun, spesifikasi yang saya terima malah lebih baru, yakni AMD APU E1-1200 dengan grafis Radeon HD 7310. Lha ini Acer males ganti bezel kali ya? Awalnya saya mengira laptop Acer Aspire E1-421 ini ditenagai AMD E300, tapi ketika saya cek pertama kali pas di toko adalah AMD E1-1200. Gak masalah sih, lah dapet yang lebih baru. Namun, alangkah baiknya spek yang tertera di bezel dengan spek aslinya harus sama biar konsumen gak bingung. Kali ini dapet sepek yang lebih tinggi dari yeng tertera di bezel, lha kalo dapet yang lebih rendah? Smile with tongue out

About these ads

90 comments on “Acer Aspire E1-421, Laptop 14 inci Bertenaga AMD APU E1-1200

  1. Yea … ;)
    Mau tanya ni masbro, kalo itu saya pake game (pes 6 misalnya) ngefek negatif g sama procie nya ? Thx :)

  2. Ping-balik: Review Sony Ericsson Xperia Ray [Part II] | Linux, Komputer & IT

  3. Mas Tuxlin, harga segitu belinya dimana, dapat bonus pula ?!? Saya sendiri sedang mencari sebuah notebook untuk anak yang mau kuliah. Yang anak saya perlukan sih tidak terlalu mumpuni speknya, asal bisa untuk nulis, musik, video dan game untuk penghilang jenuh. Grafic, keknya belum terlalu perlu karena bukan bidang nya. Ada rekomendasi gak mas :?

  4. @Sugeng
    Beli pas pameran komputer di Solo pak :D. Menurut saya sih laptop ini sudah mencukupi kebutuhan yang bapak sebutkan tadi, cuma suka laptop dengan layar yang berapa inci? Yang ini 14 inci :)

  5. Anak saya perempuan, namun badan nya besar. Tak tawarin netbook yang 10″ gak mau karena kekecilan. Memang sih badannya besar, jadi kalau memakai yang 10″ keknya kurang maxing :lol:

    Rencana ma uambil yang sedeng dengan badget Lenovo IdeaPad G485-6709 harga sama 3.2 jeti tapi dengan tetek bengeknya (install, mouse, cooler dan tas) jadi 3.47 jeti. :sad: ya karena memang di daerahku harganya segitu, mau ambil toko online yang di Yogya atau solo, tambah ongkir dan lama nunggunya. Jadi ya rencana abil yang itu. Gimana menurut sampean mas :?:

    Makasih.

  6. @ingdam
    dari segi spesifikasi, prosesor Acer Aspire ini sedikit lebih unggul, karena menggunakan prosesor AMD APU generasi terbaru :) Selain itu sih gak ada, tergantung selera dah :)

  7. ane mau tanya, dong ponakan ane beli acer aspire E1-421 kok CD driverny gak mau di install. ap krna spesifikasi yg di bezel beda ma d driverny? bntu solusiny dong?

  8. laptop sya juga acer aspire e1 421
    nah pertanyaan saya laptop itu aman gak yah kalo buat permainan tapi sambil di cas?

  9. Ping-balik: Beli Laptop di Pameran dapat Bonus Plus-Plus? | Linux, Komputer & IT

  10. Ping-balik: Lenovo IdeaPhone A690, Smartphone Android Murah dengan Spek Lumayan | Linux, Komputer & IT

  11. halo masbro tuxlin,
    mau tanya juga dong. (berkaitan AMD Dual-Core Processor E1-1200 Processor (1.4 GHz, Cache 1MB)

    * kalo untuk tahan lama, dalam artian processornya cepet panas ga ?
    ** dan jika menggunakan aplikasi seperti blogger, wix.com, wordpress, kira2 tu prosesornya sanggup ga?

    ***kalo untuk performa multi tasking misalnya ngetik di ms word, sekaligus download file, scan virus, burning cd, dll. kira2 performa nya gimana?

    ok thanks, mohon bantuannya ya masbro..

    soalnya ane rencananya juga mau beli tapi yang LENOVO IdeaPad S206 138

    http://www.bhinneka.com/products/sku01212293/lenovo_ideapad_s206_138_-_white.aspx

  12. menurut anda mas tuxlin ini lptop buat pes 13 lancar n gmana nih? menurut anda?

  13. @numpang tanya
    saya udah make ini, cukup dingin kok. Prosesor ini udah cukup enteng untuk aplikasi blogger, wix.com, wordpress :)
    multitaskingnya juga udah lumayan, asal gak gila2an aja. kalo skenario multitasking yang Anda sebutkan, sudah pasti sanggup :)

  14. bro aku instal game pes 2013 knapa pas main kameranya putus2..kayak tersendat-sendat mainnya…solusinya gmna?

  15. Ping-balik: [REVIEW] Asus X401U-WX107, Laptop Tipis dan Ringan Bertenaga AMD APU | Linux, Komputer & IT

  16. Ping-balik: Acer TravelMate B113, Notebook Kecil & Tipis Bertenaga | Linux, Komputer & IT

  17. Mohon bntuanya..
    Utk mengecek spek yg dri drive lgsg gmana cranya yh.,??.
    Truz ni laptop bwt maen Nfs Most Wanted bsa g’.,??.
    Truz stu lgi.,bedanya AMD sma Intel apa yh.,??.apa cman beda merk.,??.ato beda kemampuan jga..
    Trimz sblumnya..

  18. @pengen tau
    cek aja di run>dxdiag>tekan enter atau bisa diakses via properties gan :)
    Bialah kalo cuma NFS most Wanted :D
    Bedam merk gan, masing2 punya kelebihan n kekurangan gan, kayak motor yamaha vs motor honda :mrgreen:

  19. Mas.. Mau Nanya.
    - Bisa gak Prosesornya Di Upgrade dngan yg Lebih Gede Ato dngan Seri yg Lain yg lebih Cepet?
    - Untuk Vga Nya Juga apakah Bisa di Upgrade dngan yg lebih tinggi?
    Tks Sbelumnya.

  20. hehehe….dimulai dari browsing kenapa rating windows experience saya rendah. jadi baca ke sini….btw saya juga pakai nih notebook.

    kekurangan nya cuma batt kurang awet (apalagi dipake buat nonton) , cepet hang (kalo banyak2 buka browser. soal nya processor kurang oke), apalagi klo pakai firefox…klo chrome agak enteng dikit…

    kelebihan nya banyak…gak mudah panas(apalagi buat nonton video),grafis oke, ringan, support HDMI, ada port buat VGA(bisa di colok ke TV/Monitor/Proyektor) …, klo untuk game saya gak pernah coba….game cukup lewat CPU aja…

    at least, lumayan lah…apalagi nih notebook dapat dari hadiah….hehhee

  21. @arai
    -prosesor gak bisa di-upgrade gan, hampir semua notebook gak bisa setau saya sih :)
    -vga juga gak bisa di-upgrade gan, sudah terintegrasi sama prosesornya :)

  22. @Indra
    Bisa saja sih, tapi jangan berharap performanya mampu menangani Autocad 2013 dengan baik. Saya sarankan jangan pilih laptop kalo buat Autocad, tapi PC Desktop dengan spesifikasi menengah ke atas :)

  23. k mau nnya dong saya kan punya leptop sma kya kk dan aneh.a batre.a cepet nge drop padahal baru beli beberapa minggu lalu , saya juga ggk tau knpa bisa begitu padahal sama saya belum di gimana”in .
    kalau boleh tau kira” penggunaan yang baik itu seperti apa ya ? dan apa boleh leptop ini di pake tanpa menggunakan batre ?
    thank’s :)

  24. @nurhayati
    nge dropnya kayak gimana? Kalo dulu pas ngetes laptop ini, bisa tahan antara 3 sampe 3,5 jam. Kalo baru beberapa minggu ngedrop, bisa segera digaransikan karena setauq baterai garansi 6 buln :)
    Boleh saja laptop dipake gak pake baterai, tetapi biasanya kalo listrik naik turun, power regulatornya yang kena. Kalo mau aman sih pake stablizer :)

  25. hmz gimana ya k ,jadi gni kalau sama aku nihh ya udh di cas nah ketika adha lah 1 jam lebih gtu kalau ggk slh tiba” batre.a langsung 50% , jdi asa beda aja sma letop yang lain , tmn” aku mah pada tahan lama batre.a . emang untuk leptop acer ini biasa.a tahan berapa jam yang norma nya .? oyah klau ngecas sambil di pke kira” boleh ggk tw sebaik.a d matiin aja ,? thank’s

  26. @nurhayati
    Coba turunin brightnes/kecerahan layar, matikan WiFi ketika gak dipake. Rata-rata laptop jaman sekarang tuh 3- 4 jam dah bagus :) Kebetulan Acer yang di bahas di artikel ini milik kakak saya dan sering ta pake juga, sejauh ini gak ada keluhan baterai drop. Btw pas dipake itu dipake buat apa? kalo main game 3D memang boros baterai :mrgreen:. Ngecas sambil dipake saya sering sih, katanya bikin proses cas gak optimal, cuma kadang saya sering nekat gara2 kerjaan mepet. Gak pernah ada masalah sih :)

  27. ouh gtu ya , dulu pernah sama aku d bawa ke sekolah dan kebetulan di sklh adha wifi nah kn letak wifi di tombol f3 ketika di teken ehz ggk nyala , aneh aku juga . tw bukan dstu nyalain.a ? :D hmz ya sihh k sma kya aku kalau lagi mepet adha tugas apalgi skrng lagi mepet’.a bikin laporan ahir seklah jadi kalau nunggu di cas lama ya udh sambil aku pake aja , :D , ok dehh makasih ya k atas informasinya . :)

  28. @nurhayati
    biasanya kalo nyalain tu tekan tombol Fn+F3, tapi tiap tipe laptop bisa beda2. Kalo cara lain bisa buka Start Menu>All Programs>Accesories>Mobility Center>Turn On Wireless :)

  29. Permisi om mau nanya ni, sya kn punya laptop E1-431, speakernya rusak pas d bwa k tukang service speakrnya bisa d perbaiki, tpi laptop nya malah suka mati om, tu gmana solusinya om..?

  30. Ane Pake TOSHIBA E1-1200 APU With Radeon Graphics 7310,
    Buat Game Berat Kaya COD,PES 2012,DLL LANCARRRRRRRRR

  31. Ping-balik: Lenovo IdeaPad S215 Bertenaga AMD APU E1-1200 | Linux, Komputer & IT

  32. @Mas Tuxlin..Kira2 laptop asus yg tipe apa yg sangat cocok buat game pes 2013 2014 atau fifa mas??Budget 6 jtaan…Mksh

  33. Mas, Acer E-421 saya kok webcam nya gak ke detek ya? instal drivernya aja gagal, tulisannya “No Webcam Device Found”. Thank’s b4..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s