Tarif Internet Smartfren Naik! Kualitas (Harusnya) Juga Naik…


Capture

Halo pembaca!! Sebagai pengguna operator Smartfren untuk memenuhi kebutuhan koneksi internet, saya kaget dan bilang WOW sambil jungkir balik masuk tong ketika membaca status teman di Facebook yang mengatakan bahwa tarif paket internet Smartfren naik! Langsung saja saya mampir ke webnya Smartfren, dan ternyata benar, tarifnya naik. Gak seberapa sih naiknya, cuma kalo Smartfren berani menaikan tarif paket internet harusnya juga beranai menaikan kualitas layanan  internetnya.

Saya menggunakan paket internet Smartfren Connex Unlimeted Prabayar yang terdiri dari paket Premium dan paket Regular. Saya sendiri kadang paker paket Premium dan kadang pake paket Regular (seringnya sih paket reguler Smile with tongue out). Saya jarang mulai jarang pake Paket Premium ketika kecepatan koneksi internet Smartfren yang katanya anti lelet sampai saya tak merasakan perbedaan kecepatan dan kualitas signifikan dari paket Premium dan Regular.

Kenaikan tarif internet Smartfren Connex Unlimited Prabayar bulanan (paket bulananlah yang sering saya pakai) hanya Rp. 4000 untuk Regular dan ‘hanya’ Rp 9000 untuk paket Premium. Paket Premium yang dulu hanya Rp. 90.000 perbulan kini menjadi Rp. 99.000 perbulan. Paker andalan saya Regular yang dulu hanya Rp. 45.000 perbulan, kini menjadi Rp. 49.000 perbulan.

Capture

Hal yang bikin saya kaget dan bilang WOW sambil salto masuk bak mandi adalah istilah yang dulu tidak dikenal di layanan Smartfren Connex Unlimited Prabayar, yakni FUP aka Fair Usage Policy atau yang sering dikenal di kalangan pengguna layanan internet GSM, KUOTA! Lha ini apaan? katanya dulu TRUE UNLIMITED?! HA!!! Brak…!! Brak…!! *Sambil gebrak2 meja n lempar modem Smartfren keluar negeri*

Capture

FUP aka Kuota yang diterapkan Smartfren ini sebenarnya jauh lebih longgar daripada operator GSM yang super pelit itu, dimana FUP aka Kuota Smartfren berlaku perhari dan GSM berlaku per periode langganan. Pelanggan Smartfren Connex Unlimited Prabayar paket Reguler mungkin dapat sedikit tersenyum karena speed internetnya naik dari 153 kbps menjadi 384 kbps dengan kuota 250MB perhari, menurut saya sebandinglah dengan kenaikan tarifnya yang Rp. 4000 itu.

Pelanggan paket Premium berhak mengamuk mungkin kurang beruntung, karena speed internetnya memang naik 2 kali lipat dari 384 kbps menjadi 768 kbps dengan FUP 500MB perhari. Saya lebih memilih speed 384 kbps TRUE UNLIMITED n GAK PAKE FUP seperti dulu daripada speed naik tapi pake kuota. Setelah kuota habis? Pelanggan Premium jadi sejajar dengan pelanggan Regular, pdahal pelanggan Premium bayar 2 kali lebih mahal dari pelanggan Regular.

Kualitas layanan Smartfren (Harusnya) Naik!

Berani naikan tarif, harus bernai pula naikan kualitas, jangan sperti pejabat di negeri bedebah yang gajinya naek tapi kinerja lelet dan kerjaanya main game saat rapat atau nonton bokep saat sidang, Halah Smile with tongue out!

Capture2

Pekerjaan saya menuntut saya harus Online minimal 8 jam sehari dan saya gunakan paket internet Smartfren Regular untuk mengakomodasi kebutuhan saya. Lokasi saya di Boyolali, kecamatan Boyolali. Sinyal Smartfren di rumah saya sangat bagus, kadang full bar kadang cuma 4 bar atau 3 bar baik sinyal 1X maupun EVDO (screenshot diatas). Lalu seperti apa kualitas layanan internet Smartfren yang saya rasakan?

Pagi hari sekitar jam 08.00 hingga siang kira-kira 01.00, saya rasakan kecepatannya memang mendekati klaim Smartfren. Siang setelah jam 01.00 hingga menjelang malam jam 06.30, penurunan kecepatan terjadi, saya hanya dapat segini : (catatan: kuota masih, paket Unlimited Regular)

2271804305

Koneksi internet Smartfren kalo malem mulai jam 07.00 sampai jam 10.00 biasanya mengenaskan, jangankan buka speedtest, lha buka mbah Google saja ngebut layaknya siput Open-mouthed smile. Tak selamanya seperti itu, dulu sempat saya frustasi gara-gara koneksi Smartfren mogok dari pagi sampe siang sekitar jam 02.00, alhasil terpaksa saya pake operator lain demi menyelesaikan pekerjaan. Kalau kualitas koneksi masih belum merata, gak usah deh iklan lebay apa lagi tagline-nya yang ngaku anti bla…bla…bla… bikin makan modem ati Devil.

Saya dan beberapa teman saya yang tinggal di Jogja juga merasakan penderitaan yang sama Smile with tongue out. Sering sih komplain+ngomel-ngomel via Twitter, bagusnya, akun Twitter @smartfrenworld juga menanggapi keluhan pelanggannya.

Sayangnya, tanggapan akun @smartfrenword di Twitter seperti lingkaran setan yang isinya sama seperti ini :

Koneksi lambat => pengguna ngomel di CS via Twitter => CS Smartfren menanggapi dengan meminta data pengguna+nomor smartfren yang digunakan => pengguna ngirim data diri plus nomor smartfrennya dengan harapan setinggi langit => Muncul jawaban dari CS via Twitter yang bunyinya “Pelanggan Yth. Maaf, saat ini memang sedang ada peningkatan kualitas jaringan Smartfren di beberapa wilayah. Mohon dicoba lagi secara berkala => pengguna (yang beruntung) mendapat telepon dari CS Smartfren menanyakan apakah masih ada keluhan? Jika pengguna menjawab Masih, maka CS akan mengatakan bahwa sebenarnya jaringan Smartfren di lokasi pelanggan tidak ada masalah dan jika masih menemui kendala yang sama, akan segera ditindak lanjuti => balik lagi ke Koneksi lambat Smile with tongue out.

Hahahahaha kelihatannya konyol sih, tapi saya setidaknya telah 3 kali mengalami siklus lingkaran setan seperti diatas dan sampai sekarang tak ada hasil yang memuaskan. Kini malah saya mulai dari awal lagi siklus diatas dan baru sampai step ke 3, cuma saya dah males ngirim2 data pribadi, selain ribet, gak ada hasil nyata yang bisa saya rasakan.

Posting ini hanya sekedar sharing dari apa yang saya alami, bukan bermaksud black campaign aka menjelek-jelekan Smartfren. Apa untungnya buat saya jelek-jelekin Smartfren? Toh saya juga bukan tim marketing dari operator lain. Semoga posting ini gak berakhir seperti kasus Prita, wakakakakakak…. Angel.

About these ads

13 comments on “Tarif Internet Smartfren Naik! Kualitas (Harusnya) Juga Naik…

  1. Ping-balik: koneksi lebih baik « da Gadgetboi's Blog

  2. Ping-balik: Tri… Layananmu Jangan Sekelas Teri… | Linux, Komputer & IT

  3. Lama lama koneksi dedicated sekalipun pake FUP juga. Kalo iya kita kalah jauh, jauh, jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu……………………uuuuuuuuuuuh banget sama afrika ;(

  4. Sumpah..ini gw banget.. Kasusnya sama nich sama aku.. Pake paket premium, tp koneksi tetep lelet.. Ngadu ke smartnya, belibet prosedur dan tetep aja lelet.. Capeeeek deeeeh!! X_X

  5. Haha . . .
    hati-hati om nanti di ciduk police lho. . .
    wkwkwkw . . . .

    cari master phreaking aja om biar bisa net geratiz . .
    itung-itung ngebalikin pulsa yang kita bayar tapi pelayanan tingkat siput.
    wkwkwk . . .

  6. @Mr. Black
    nah itu dia susahnya di Indonesia, kadang mengeluh terhadap suatu layanan yang gak memuaskan malah dikira black campaign, trus daingkut sama polisi dan dipenjara+didenda kayak kasus prita dulu…wkwkwkw

  7. saya pakai modem handphone smartfren extrem revo a, ketika beli mengunakan paket volume lumayan kecepatan download 30 kbps, tapi 2 gb jadi modem di komputer hanya bertahan 5 hari. lalu saya pakai unlimited 49 ribu, parah untuk buka halaman google.com saja 3 menit. browsing juga parah benar-benar lelet. saya mau tanya kenapa paket unlimited 49 ribu/bulan masih dijual kalau benar-benar lelet. kasihan kan pembeli paket 49 ribu ini uangnya terbuang sia-sia hanya untuk mendapatkan internet lelet. harusnya pihak smartfren iklan di tv dibuat tanda bintangnya, bahwa anti lelet khusus untuk paket volume dan paket unlimited diatas 150ribu/bulan, jika paket unlimited 49 ribu/bulan tidak bertanggung jawab. ke 2, pengalaman saya menggunakan handphone extrem revo a seharga 300 ribu ini, jadi handphone tukang sedot pulsa, kenapa ? karena ketika pakai modem di internet misalnya berlangganan 2 gb/bulan, tapi ketika habis kuota tidak ada sms pemberitahuan dari operator, sms itu datang ketika modem sudah dicabut dari komputer. saya sudah beberapa kali kehilangan pulsa 50 ribu raib seketika. akhirnya saya tobat pakai modem smartfren, cukup sudah. saya hanya pakai untuk menelepon dan sms, saya bertahan pakai smartfren agar orang lebih cepat hubungi saya, saya tidak suka bicara lama-lama ditelepon, kalau operator telkomsel bikin kesal orang menelepon saya hanya untuk habiskan talk mania kurang kerjaan. jika pakai smartfren aman. beda operator, bicara seperlunya saja. itulah pengalaman saya pakai smartfren, paket murah, iklas banyak, tapi kudeta kemakmuran pulsa, lelet kali. thanks.

  8. @internet lelet
    Terima kasih sharingnya masbro, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca semua. Btw saya sendiri sudah gak pake SF kok, lama2 bisa stress kalo pake ini :mrgreen:

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s