[REVIEW] Cross G900T*, Ponsel Lokal Bersuara Mini Compo


DSCN1235

Halo Pembaca! Setelah lama menghilang dari dunia per-blogging-an, akhirnya Tuxlin kembali hadir untuk menemani pembaca dengan artikel-artikel curcol bin ngaco yang semoga bermanfaat Smile. Pada posting kali ini, Tuxlin mencoba membahas dan mereview salah satu ponsel merk lokal, yaitu Cross CompoX G900T* yang dibandrol seharga Rp. 350 ribuan lengkap dengan microSD 4GB plus 3 lagu dari justin Beiber, Rihanna dan Muse.

Rencananya, saya bermaksud untuk meminang sebuah smartphone berbasis Android untuk menggantikan ponsel jadul saya, Motorola ROKR E1 sekaligus menemani Samsung GT-C3322 yang terlebih dahulu diboyong untuk membantu saya mengais rezeki Smile with tongue out. Karena ada kebutuhan yang lebih penting, akhirnya keinginan untuk meminang ponsel pinter Android ditunda dan saya memutuskan untuk membeli ponsel yang murah yang nyaman digunakan untuk ‘stop gap’ sambil nabung lagi buat ponsel pinter Hot smile. Pilihan saya jatuh pada ponsel China/merk lokal, kenapa? jelas untuk kelas low end, ponsel lokal juaranya price/performance.

Setelah beberapa hari berselancar internet dan tanya-tanya simbah Google, akirnya saya pilih Cross G900T* dengan pertimbangan harganya yang terjangkau dan keluaran suara speaker cukup mantap, sangat cocok menggantikan posisi ponsel saya sebelumnya, Motorola ROKR E1.

DSCN1236

Saya memutuskan untuk membeli Cross CompoX G900T* ini disebuah toko online yang berbeda dengan toko tempat saya membeli Samsung GT-C3322 dan ternyata toko tersebut memberi pelayanan yang lebih baik dan memuaskan dari toko sebelumnya, hehehehe sekalian iseng bandingin toko onine :mrgreen:. Saya Cross CompoX G900T* pada hari Senin tanggal 9 Juli dan barang datang tanggal 12 Juli. Beegitu sampai, langsung saja saya buka boks Cross CompoX G900T* yang berisi handset, handsfree, buku manual, kartu garansi, charger, baterai, kabel data dan microSD 4GB yang sudah terpasang di ponselnya. Berikut foto-foto ponsel Cross CompoX G900T* :

DSCN1237DSCN1239

DSCN1241DSCN1242

Spesifikasi Cross CompoX G900T* :

  • Dual Band GSM, Dual On.
  • TV Tuner Analog.
  • Kamera Resolusi 1,3 Megapiksel (dual kamera, depan dan belakang).
  • Layar berukuran 2,4 inci dengan resolusi 240 x 320 piksel, Touchscreen.
  • Java, Bluetooth A2DP, Modem, Micro USB port.
  • Pre installed Opera Mini 3, eBuddy, Snaptu dan Bolt.
  • MP3 Player, Video Player, FM Radio
  • 3,5mm earphone jack.
  • WAP, GPRS, MMS.
  • 3 Speaker.
  • Baterai kompatibel Nokia BL-6F, 1000mAh.

Awalnya saya ragu dengan kualitas ponsel merk lokal yang makin menjamur, namun akhirnya saya mencoba ponsel lokal melalui Cross CompoX G900T* sekaligus ingin melihat sampai dimana kualitas ponsel-ponsel lokal jika dibandingkan dengan ponsel branded. Body ponsel Cross CompoX G900T* ini cukup bongsor, berat dan terasa mantap di pegang. Material plastik di casingnya cukup tebal dan berkualitas dan dipadu list frame dari bahan metal dibagian depan ponsel.

Pertama kali menghidupkan ponsel Cross CompoX G900T*, langsung disuguhi layar ponsel yang cukup bening kualitas gambarnya, bahkan jika dibandingkan dengan layar Samsung GT-C3322 yang juga saya pakai, kualitasnya hampir sama. performa touchscreen Cross CompoX G900T* ini cukup responsif dan nyaman dipandang lama-lama.

DSCN1246

Hal yang paling menonjol dari ponsel Cross CompoX G900T* ini adalah musiknya, terlihat dari ukiran gitar disisi belakang casing serta deretan tombol musik dibawah layarnya. Ponsel Cross CompoX G900T* ini dilengkapi dengan 3 buah speaker dibelakangnya membuat suara musik yang diteriakkan ponsel ini menggelegar, tak hanya asal kencang, keluaran suaranya jernih dan berdinamika. Lansung saja saya coba dengan memutar lagu-lagu dari band favorit saya seperti Arch Enemy, Voices Of Destiny, Bullet For My Valentine dan sejenisnya Devil, mantap suaranya! Saya sarankan untuk tidak memutar musik dengan volume maksimal, meski suara yang dihasilkan tidak pecah, namun ponsel jadi bergetar dan mungkin mengurangi keawetan ponsel. Saya puter dengan volume 75% saja sudah sangat kencang hingga orang serumah dengar, hehehehehe :mrgreen:. Sayangnya handsfree bawaan Cross CompoX G900T* yang berjenis earplug ini memiliki kualitas suara yang kurang menurut saya, masih enakan pake headset ori Samsung GT-C3322.

Kinerja Cross CompoX G900T* ini relatif cepat dan memuaskan. Menurut saya, OS atau perangkat lunak proprietary ponsel lokal masih kurang mantap dibanding ponsel branded, namun hal ini wajar mengingat spesifikasi yang ditawarkan cukup tinggi untuk ponsel kelas 350 ribuan, ponsel branded dapet fitur apa? Smile with tongue out.

Satu hal yang sangat saya sangkan adalah ketersediaan memori internal ponsel. kebanyakan ponsel lokal/China termasuk Cross CompoX G900T* ini hanya menyediakan ruang internal dibawah 1MB, Cross CompoX G900T* ini malah cuma 250KB saja, hal ini berimbas pada terbatasnya kapasitas penympanan SMS dan MMS, gila aja 250KB muat berapa MMS?Confused smile Ponsel Cross CompoX G900T* ini hanya memiliki kapasitas penyimpanan SMS 100 biji saja, bagi yang hobi SMS, siap-siap aja deh bakal sering hapus SMS.

Ponsel Cross CompoX G900T* dilengkapi TV tuner analog dan ssebuah antena di sisi kiri atas ponsel. Kinerja TV tuner Cross CompoX G900T* ini cukup baik, di daerah tempat tinggal saya (boyolali) gambar yang dihasilkan TV nya cukup bening dan cukup nyaman dilihat. Cross CompoX G900T* juga dilengkapi FM Radio. Ponsel Cross CompoX G900T* ini dilengkapi baterai yang kompatibel dengan Nokia BL6F dengan kapasitas 1000mAh, daya tahan baterainya termasuk lumayan. Sekali charge, cukup untuk menghidupi baterai hingga 2 hari dengan intensitas pemakaian internet dan musik melalui 3 speakernya cukup sering.

Beralih ke sisi kamera, ponsel Cross CompoX G900T* ini dilengkapi 2 kamera di depan dan dibelakang ponsel dengan resolusi masing-masing 1,3 megapiksel. Hasil foto kameranya seperti apa? Yah dari berbagai merk lokal yang pernah saya coba, semua sama, hasil kameranya amburadul, hehehehe …Embarrassed smile Hasil fotonya gak begitu tajam. Meski hasil fotonya jelak, tapi kemampuan untuk memutar videonya cukup baik. Berikut hasil potret ponsel Cross CompoX G900T*, klik untuk memperbesar Smile.

IMG0004AIMG0006A

Secara umum, ponsel Cross CompoX G900T* ini cukup layak beli, dengan harga 350 ribu sudah mendapatkan berbagai fitur lengkap untuk kebutuhan standar. Salah satu nilai plus dari Cross CompoX G900T* adalah kemampuan musiknya. 3 speaker yang dibenamkan di belakang body Cross CompoX G900T* ini menghasilkan suara yang keras namun tetap berkualitas.

+ Keluaran suara speakernya mantap!!

+ Fitur lengkap untuk keperluan standar.

+ Harga murah, kinerja memuaskan.

- Memori internal cuma 250 kB Thumbs down, sms cuma muat 100 buah.

- Bodi ponsel besar dan berat.

- Aplikasi Java bawaan ponsel tidak bisa dihapus.

Outro…

DSCN1238

Ternyata, ponsel Cross Cross CompoX G900T* ini memiliki sodara kembar lho, namanya sekilas juga sama Cross CompoX G900T (tanpa bintang). Menurut informasi yang Tuxlin dapat, ponsel Cross CompoX G900T* ini merupakan perbaikan dari Cross CompoX G900T (tanpa bintang) dengan tambahan touchscreen serta perbaikan bug spasi yang terjadi di aplikasi Java.

Semoga bermanfaat Smile.

About these ads

52 comments on “[REVIEW] Cross G900T*, Ponsel Lokal Bersuara Mini Compo

  1. kelemahan hp lokal (china) menurut saya adalah harga jual kembalinya yang cenderung jatuh drastis. Tapi untuk harga yang murah sih keknya gak masalah – > bosen, kasiin ke sodara, beli lagi yang baru (yang murah). ^_^

  2. bos OTT nih … mau mengajukan pertanyaan
    1. apakah sering mengalami kegagalan download di ganool? padahal speed saya itu 2Mmbps loh … tapi saya sering mengalami gagal donload. sekarang saya jadi sering donlot di torrent. walau kalau seedernya banyak saya bisa dapat speed 250kBps tapi torrent boros benwit :cry: … kan ganool filenya kecil-kecil ….
    2. hosting apa sajakah yang menyediakan/kompatibel dengan download manager
    3. benarkah IDM itu yang terbaik? bolehkah saya minta link donlotnya :mrgreen:

  3. @gadgetboi
    1. ane jarang download film gan, saya tukang kopi kalo butuh film :D. Ganool ane cuma sebatas tau sih, lum pernah donlod:)
    2. Mediafire, tapi kadang suka gak mau diresume,idws,yang lain kayake gak support deh kecuali pake akun premium :)
    3. Sejauh pengalaman saya make di Windows, IDM yang terbaik. kalo di Mac saya pilih iGetter, kalo di Linux saya pake bawaan browser :D
    Link downloadnya versi trial bisa ke situs resmi IDM, tapi kalo yang udah ada jamunya, mending ke torrent dah :D ThePiratebay tentunya :)

  4. haaha .. kok mirip saya sih tukang kopipaste kikikik…. thanks atas info IDM ada sharewarenya! hehehe enggak nyangka shareware aja kencengnya wus-wus daripada download manager default firefox dan opera

  5. @gadgetboi
    iya, hehehe… kalo film sih gak gitu antusias, kalo ada yang baru ya ngopi, kalo gak nunggu sampai ada yang punya n nawari, hehehehe iya, tapi cuma bertahan 30 hari aja, bis tu gak bisa dipake :D

  6. yah lumayan lah sambil hunting freeware lainnya … orbit downloader ogud coba seperti IDM tapi fiturnya pisah-pisah (engga kayak IDM flash downloader (video/mp3) langsung ada). masalah performa saya tunggu IDM abis masa pakenya ah :P

  7. Ping-balik: Menunggu Kedatangan Urushi… « Linux, Komputer & IT

  8. Ping-balik: Akhirnya, Urushi ST18i Datang… | Linux, Komputer & IT

  9. saya jg pake ni hp…he he suaranya mantab.dan saya perhatikan juga radio fm nya stereo juga lho!dlm artian kanan ma kirinya bnr2 pisah suaranya..ni yg bahkan jarang diperhatikan ma ponsel branded..ada radio fm nya tp asal bunyi aja gk bnr2 real stereo. kecuali merk sony ericsson yg bener2 stereo fm radionya..puas saya pake hp cross ini

  10. Ping-balik: Awas! Toko Online Abal-abal…!! | Linux, Komputer & IT

  11. Ping-balik: Review Sony Ericsson Xperia Ray [Part I] | Linux, Komputer & IT

  12. Ping-balik: Pakai MicroSD Class 10 Ternyata Juga Ngaruh…! | Linux, Komputer & IT

  13. Bos service centre Cross dimana ya kalau posisi di Banjarmasin? Soalnya cantuman yang di kartu garansi sudah tidak sesuai???
    Mohon pencerahannya ya gan?

  14. @fresh and fresh
    menurut saya sih, Kalo dari speaker ponsel, kenceng Crossnya, suaranya juga mantap crossnya. Kalo pake headset sih mantap ROKR nya :)

  15. Ping-balik: Review Sony Ericsson Xperia Ray [Part II] | Linux, Komputer & IT

  16. Ping-balik: Samsung Keystone 2 E1205, Ponsel Pemula dengan Radio FM | Linux, Komputer & IT

  17. Ping-balik: Lenovo IdeaPhone A690, Smartphone Android Murah dengan Spek Lumayan | Linux, Komputer & IT

  18. Ping-balik: Dapat Blog Award Lagi | Linux, Komputer & IT

  19. Ping-balik: Nokia Asha 210, Dual SIM Murah Berdesain Elegan | Linux, Komputer & IT

  20. Ping-balik: Pengalaman Belanja Online… (I) | Linux, Komputer & IT

  21. Ping-balik: Lenovo A390, Dual Core dengan Android Ice Cream Sandwich | Linux, Komputer & IT

  22. Ping-balik: Samsung C3520 Citrus: Ponsel Lipat yang Kini Hampir Punah | Linux, Komputer & IT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s