Transcend StoreJet 25M2 500GB


Photo-0199

Halo Pembaca! Harga hardisk meroket setelah banjir melanda Thailand dan merendam sejumlah pabrik hardisk dan pabrik rotor hardisk, nidec. Rencana saya untuk upgrade hardisk netbook saya pun batal. Lha yang 500GB 2,5 inch awalnya cuma sekitar 500 ribuan jadi 900 ribuan Steaming mad. Sekarang sih udah lumayan turun, hehehehe… Namun keputusan saya berubah, saya lebih memilih hardisk external. Selain buat backup data dan sebagai peralatan ‘tempur’, hardisk eksternal juga bisa digunakan untuk peralatan ‘merampok’ isi komputer or laptop temen :mrgreen:.

Kemarin pas pulang kerja lansung saja saya berburu hardisk eksternal kapasitas 500GB di kota Solo. Ditemani tetes hujan dan seorang sobat, saya muter-muter kota Solo buat berburu hardisk eksternal ini. Sampai pada sebuah toko yang cukup terkenal, menawarkan 4 kandidat hardisk eksternal dengan kapasitas 500GB. Mereka adalah WD Pasport, Seagate Expansion, Hitachi dan Transcend StoreJet. WD Pasport seharga 720 ribu, Hitachi paling murah 650 ribu, Seagate Expansion 700 ribu dan Transcend StoreJet. Akhirnya saya putuskan untuk ambil Transcend StoreJet 500GB, tampangnya lebih kekar dibanding yang lain Smile with tongue out. Hitachi sebenarnya cukup menarik dengan harga nya yang murah, namun tampangnya kurus. Seagate cukup mengguda dengan dukungan USB 3.0, saya komputer dan PC cuma dukung USB 2.0. Nah kalo WD, biasa banget gak ada yang menonjol Open-mouthed smile.

Photo-0201

Overview

Sampai rumah lansung saja saya buka box nya, isinya standar aja sih, sebuah unit HDD eksternat Transcend StoreJet 500GB, kartu garansi, quick guide, brosur promosi produk Transcend Smile with tongue out dan sebuah kabel USB. Tampang hardisknya terlihat kuat dan diklaim tahan benturan maupun jatuh dan telah lulus US Military drop test. saya coba jatuhkan hardisk ini dari ketinggian 15 meter kemudian HDD tewas Saya sendiri gak berani mencoba kekuatan fisik Transcend StoreJet ini,wkwkwkw kasian kalo dibanting-banting Smile with tongue out. Casing Transcend StoreJet ini dibalut lapisan silicon sehingga tidak licin di pegang. Terdapat tombol one click backup, bermanfaat untuk membackup data. Selain itu, Transcend juga membundle StoreJet dengan softeware Formatter dan recovery data.

Performa

Bagaimana dengan performa Transcend StoreJet ini? Performanya cukup stabil, berikut hasil benchmark menggunakan software HD tune.

HDTUNETRANS

Kecepatan stabil di 27,6 MB/s untuk read

copytranswindows

Copy file di Windows 7 x64 berkisar antara 23-30 MB/s

Performanya cukup stabil, sayangnya hanya mendukung USB 2.0 sehingga kemampuan hardisk jadi bottleneck di USB nya. Tapi gak papalah, kalo pun mendukung USB 3.0, saya juga belum bisa memaksimalkan, lha komputer n netbook belum ada yang support USB 3.0 :mrgreen:.

+ Tampang kekar, outdoor banget

+ Performa stabil

- Belum mendukung USB 3.0

 

Outro…

Ngomongin hardisk emang gak ada puas-puasnya. dulu ketika pertama saya beli komputer, kapasitas hardisknya cuma 20GB. Sekarang kebutuhan mencapai ratusan giga Open-mouthed smile. Harga hardisk mulai turun perlahan dan diperkirakan kembali normal di pertengahan tahun ini, semoga saja Smile.

About these ads

17 comments on “Transcend StoreJet 25M2 500GB

  1. @gadgetboi
    kalo lepasin thermalpad kan kayak lepasin sticker. kalo thermal paste pake lap aja, digosok2 sampe bersih, enaknya sih lap dari kertas :)

  2. @Reza
    kena 730rb.. dijogja kan hari ini hari terakhir pameran, di JEC, harganya murah2 kok, malah ada yang 630rb 500GB external

  3. Ping-balik: Acer Aspire E1-421, Laptop 14 inci Bertenaga AMD APU E1-1200 | Linux, Komputer & IT

  4. Ping-balik: Lenovo IdeaPad S100: Netbook Murah, Spesifikasi Jadul | Linux, Komputer & IT

  5. Ping-balik: Acer Aspire E1-421 | abadijayakomputer

  6. Ping-balik: [REVIEW] Asus X401U-WX107, Laptop Tipis dan Ringan Bertenaga AMD APU | Linux, Komputer & IT

  7. Ping-balik: Acer TravelMate B113, Notebook Kecil & Tipis Bertenaga | Linux, Komputer & IT

  8. Ping-balik: Asus X201E-KX091: Desain Oke, Harga Hemat | Linux, Komputer & IT

  9. Ping-balik: Lenovo IdeaPad S215 Bertenaga AMD APU E1-1200 | Linux, Komputer & IT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s