Instalasi Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat)


dvc slid

Desktop Ubuntu 10.10

Halo pembaca! Ubuntu 10.10 telah dirilis di tanggal yang unik, 10-10-2010, serba sepuluh :). Saya terakhir menggunakan ubuntu 9.10 (karmic koala), ketika Ubuntu 10.04 dirilis, saya gak begitu tertarik, soalnya lagi asik pake PCLinuxOS 2010, hehehehe… Ketika Maverick meerkat dirilis, saya langsung pesan CD dari shipit. Oiya, bagi yang masih belum paham bagaimana cara instalasi OS Linux, berikut sedikit tutorial dari saya :).

Persiapan

Sebelum instalasi linux, alangkah baiknya lakukan back up data-data penting ke media eksternal, demi keamanan. Siapakan 2 partisi untuk digunakan Ubuntu, untuk system dan swap. Partisi swap tidak perlu terlalu besar, cukup 2x besar ram yang dipakai. Pastikan sistem yang anda gunakan telah memenuhi spek minimum yang disarankan Canonical, yaitu Intel/AMD prosesor, ram 256mb, 4GB HDD. Pada posting kali ini, saya menggunakan netbook acer aspire one 531h dengan spesifikasi Intel Atom 280, 1GB DDR2, 160GB HDD. Oke, mari kita mulai….

Instalasi

Masukan CD Ubuntu ke cd/dvd room, pastikan boot priority di cd/dvd room, karena kita akan melakukan booting melalui media CD. Setelah Ubuntu booting, kita akan ditawari ‘Install Ubuntu’ atau ‘Try Ubuntu’. Bagi yang ingin mencoba Ubuntu melalui LiveCD, dapat memilih opsi ‘Try Ubuntu’, bagi yang merasa yakin untuk langsung instalasi, pilih Install Ubuntu. Setelah memilih instal ubuntu, akan ada tampilan seperti dibawah ini….

Screenshot

Pemilihan Bahasa, Silahkan pilih bahasa yang anda kehendaki :), klik forward.

Screenshot-1

Ubuntu akan mengecek apakah system kita sudah memenuhi syarat untuk instalasi Ubuntu, kebetulan netbook saya tidak terhubung dengan internet. Bagi yang terhubung denganh internet dapat memberi tanda cek pada opsi ‘Download updates while installing’ dan ‘Install this third-party software’ yang berupa plugin mp3. klik forward.

Screenshot-2 Tiba saatnya untuk mempersiapkan partisi untuk instalasi, pilih ‘Specify partition manually’

Screenshot-3

Akan tampil daftar partisi yang tersedia pada sistem, pilih partisi yang teah kita siapkan, klik change

Screenshot-4

Gunakan file system ‘EXT4 journaling file system’, beri tanda cek pada opsi format the partition. Mount point untuk sistem adalah ‘/’. Lakukan hal yang sama untuk partisi swap, bedanya, file sistem pada swap rartition adalah swap. klik ok. setelah semuanya benar, klik Install Now.

Screenshot-5  Selagi instalasi berjalan, silahkan pilih zona waktu tempat anda tinggal.  saya memilih ‘jakarta’ (GMT +7) untuk Waktu Indonesia Barat. klik forward.

Screenshot-6

Masukan identitas user account mulai dari nama, nama komputer, username hingga passwordnya. pada opsi bagian bawah, saya memilih ‘require my password to log in’, yang artinya setiap login ke sistem ubuntu, kita wajib memasukan password akun. Jika tidak ingin memasukan password, pilih ‘log in automatically’, klik forward.

Screenshot-7 Instalasi berjalan, kurang lebih 10-15 menit, tergantung spesifikasi komputer yang digunakan.

Screenshot-8

Ubuntu telah selesai diinstall, pilih restart now

venom

Ubuntu telah terinstall dan siap digunakan :). Semoga bermanfaat :).

About these ads

48 comments on “Instalasi Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat)

  1. Wih udah diinstall ubuntunya? :D saya belom nich :P masih sayang sama lucid (10.04) abis udah lengkap semua aplikasinya, jadi kl install ulang jadi kerja lagi donk :P hemat benwit ah …. Kan rakyat lagi prihatin (apa hubungannya? Hihihi)

    Btw si mandriva, openSUSE sama pclinuxOS ilang donk?

  2. Saya udah coba instal pada pc saya,.. hasilnya sangat sangat bagus. tapi sayang kyknya berat banget. memory yang saya gunakan 512 mb.

  3. Saat ini saya menggunakan Dual system Windows 7 dan Lucid Lynx 10.04 dengan Acer Aspire 4732Z. Sebenarnya saya sudah puas dengan Lynx, namun mengalami kesulitan dengan modem 3G saya (Prolink PHS 100) yang tidak terdeteksi dengan baik. Ubuntu Meerkat dapat mendeteksi modem saya dengan sempurna, karena itu saya memutuskan untuk install melalui fitur “upgrade”

    Dengan mengikuti prosedur instalasi yang ditayangkan saya sampai pada bagian pengisian data pengguna, namun proses instalasi berhenti sampai disitu saja. Tombol forward tidak bisa menyala meskipun installation bar sudah menuliskan “ready when you are”

    Akhirnya saya batalkan instalasi, format partisi, dan install melalui CD (download dari ubuntu.com). Karena hasilnya masih sama, saya beli DVD installer di juragan di Depok sana, namun macet di tempat yang sama juga.

    Apakah semua installer seperti itu ataukan ada kesalahan yang saya lakukan? Mohon pencerahannya.

    Terima kasih.

  4. @Josie Liem
    oya, saya recomend clean install dari pada upgrade dari versi lama… mengenai installer DVD, kemungkinan DVD/CD yang dipakai defect, coba sebelum dipake buat intalasi, cek CD/DVD intallernya defect atau tidak, melalui opsi check CD/DVD defect. kalo saya biasanya download file iso dari mirror lokal, kemudian saya jadikan liveUSB, jadi gak ada masalah defect lagi :)

  5. Udah saya coba Bang tuxlin. Saya download dari pesat, masalahnya sama, download dari indika, masalahnya sama. Masa sih 3 CD defect semua ya? apes banget…. setelah coba download tidak bisa, barulah saya beli kambing di juragan. Cara terakhir. Eeeeh… tetap aja nggak bisa…. Aneh deh, sejak pake Ubuntu Karmic Koala sampe sekarang ga pernah ada maslah sampe macet total begini.

  6. @Josie Liem
    Gini aja, siapin flashdisk min 1gb, trus bikin liveUSB pake iso image hasil download, semoga membantu :) atau pesen dari shipit aja buat rilis yang akan datang?

  7. Saya pernah install Ubuntu 10.10 dual boot WIndows7. Tapi tiba-tiba wireless tak terdeteksi. Padahal sebelumnya sempat terdeteksi. Kenapa, ya? Thanks.

  8. Seburuk2nya windows masih lebih buruk linux, udah fiturnya ngga lngkp, aplksinya bnyak ga suport. Dan gmpng mcet alias hang… Fakta wkt instal ubuntu 10.10, macet total laptop ga bsa di mtiin, pncet tmbol sna-sni ga bsa. Sya srnkan pake win aja wlaupn byar, tpi kualitas mmng bgus…

  9. @Tanpa nama
    OOT ni, mana jelek2in linux pula :D

    udah fiturnya ngga lngkp, aplksinya bnyak ga suport. Dan gmpng mcet alias hang… Fakta wkt instal ubuntu 10.10, macet total laptop ga bsa di mtiin, pncet tmbol sna-sni ga bsa

    kalo ini sih Usernya yang gak support, upgrade dulu ama yang lebih cerdas :mrgreen:
    mungkin anda memang lebih cocok pake windows :p

  10. lw nya aja yang salah instal
    kalo newbie, cuma baru instal doank ga pantes ngejelekin linux……
    windows itu sistem sampah, cuma buat main game doank……

  11. mas pas edit partisi home root swap saya kok nggak berhasil ya pasti yang terakhir partisi yang akan saya buat ada tulisannya terbuang terus pembuatan partisi pertama nggak ada tulisannya primaryu / logical gimana nih mas tolong pencerahannya

  12. @linuxp
    ,mungkin udah maksimal jumlah partisinya, setau saya, 1 hardisk maksimal ada 5 primary partrition, bisa beda2 juga sih… :D

  13. mas, saya coba bikin screenshot proses instalasi lewat tombol prinscreen, terus saya pilih simpan di desktop. cuma pas selesai installasi kok hasil screenshotnya ga ada ya. apa harus disimpan di tempat tertentu?
    terimakasih atas bantuannya

  14. Mas, ane udh download ubuntu v11 d ubuntu.com(600an mb). Tu file blm frmat iso, ane burn jd file iso. Trus file iso tu ane burn pke assampo 10 k cd-r, tp kq gk bisa detect ktika booting y… Apa mslhny! Mhon pncerahanny…

  15. Mas, ubuntunya udah ane install dan 100% worked. tapi kendala modem, tong bantuin jelasin install donk sampai selesai. cari solusi sana sini masih kagak “mudeng” juga….
    ane pake modem smartfren ac682….. pengguna baru ^_^

  16. bang, ane make ubuntu 10.04
    modem ane kok ga ke detect ya? ane pake modem huawei e171. kalo file mobile partnernya sih nongol d dekstop. tapi kaga bisa connect bang. newbie hehe

  17. ga keluar mobile broadbandnya bang, waktu itu saya pake ubuntu 11.04 kebaca tuh, bisa dah pokoknya.
    nah gara2 ubuntu 11.04 agak berat, saya pindah ke ubuntu 11.04, eh malah modem ga bisa

    nah skrng saya mau ganti ke ubuntu 10.10 eh pas instalasi macet mulu, berhenti d tempat yang sama, pas loading tulisan ubuntu. saya booting pake FD bang, minta bantuannya :D

  18. @maliq
    ya iyalah, mobile broadband kan software yang cuma support windows n mac :) mending pake linux mint saja versi baru, linux mint 12 :)

  19. Ane nginstal d netbook acer aspire kok macet y?
    Dah ane coba pake wubi via daemon tools, truz pake live USB
    kedua cara tsb, tetep aja macet waktu nginstalny
    mohon pencerahan gan

  20. kak saya mau tanya netbook saya ini namanya axioo saya tanpa sengaja menginstal ubuntunya sekarang saya ingin menginstal windows 7 nya kok angga bisa tolooooooooooooooooooooooooooong bantuannya kak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s