Komputer Sarang ‘Spiderman’


 

Sarang spiderman? Maksudnya? Hahahahaha… gak ada maksud apa-apa sih, cuma iseng aja nulis judulnya agar meningkatkan popularitas terlihat menarik artikelnya, hehehehe… Posting kali ini masih membahas penyakit-penyakit yang diderita komputer-komputer pelanggan, saya share aja biar bermanfaat bagi pembaca blog ini. Pada kasus kali ini, seorang rekan bapak saya mengeluh karena komputernya tidak mau hidup, menurut perkiraan rekan bapak saya tadi, ada yang gak beres dengan tombol on/off yang ada di casing. Bapak saya pun merekomendasi pada rekannya itu untuk membawa komputernya yang ‘mati suri’ tersebut ke tukang servis Tuxlin Lab, dan beliau setuju. Sore, komputer tersebut telah nampang sampai di ruangan Tuxlin Lab dan siap untuk di utakatik periksa untuk mendiagnosa penyakit atau kerusakan yang menyebabkan komputer tersebut mati suri. Malamnya, saya segera melakukan inspeksi awal terhadaap komputer tersebut dengan menghubungkanya ke listrik dan menekan tombol on di casing, what happen? Nothing! Gak bereaksi sama sekali, tidak ada tanda-tanda kehidupan dari kipas, mobo maupun hardisk, Diagnosa pertama : Aliran listrik tidak masuk ke sistem, kalo begini yang jadi tersangka adalah PSU aka Power Supply Unit! Paginya, saya akan memastikan diagnosa pertama tersebut dengan menggantinya dengan PSU yang sehat, hasilnya? Komputer tersebut booting dan bekerja normal. Jelas tersangka utama penyebab ‘mati suri’ komputer ini adalah rusaknya ‘jantung’ komputer yang bertugas memompa aliran listrik ke semua komponen. Saya segera melaporkan kerusakan PSU ini pada pemilik komputer dan ternyata beliau meminta saya untuk membeli PSU baru. Berbekal brosur APKOM 2010, saya memberikan gambaran aneka macam harga dan kualitas PSU. Saya juga menjelaskan gambaran umum PSU ‘true power’ dan PSU ‘abal-abal’. Setelah mencermati harga dan mempertimbangkan kualitas, beliau memilih PSU ‘true power’ yang paling murah kompetitif yaitu speed power 300W.

Sarang Spiderman?

Apa hubunganya kasus ini dengan sarang spiderman? Gak ada sih, tapi kalo sama spider alias laba-laba ada! Ceritanya begini, ketika saya membongkar casing komputer tadi, bapak saya memerintahkan agar saya juga membersihkan komputer tersebut karena sejak pembelian komputer 3 tahun lalu, komputer ini belum pernah dibongkar atau dibersihkan dari debu. What 3 tahun? Perasaan, komputer saya 3 bulan tidak dibersihkan sudah penuh debu, lha ini 3 tahun! Begitu saya buka casingnya, maka terlihatlah isi casing yang penuh sesak serta kabel-kabel selendang IDE yang memenuhi casing. Debu menumpuk tebal dan dihiasi anyaman sarang spiderman laba-laba di bagian pojok-pojok casing, berikut pic dari komputer tersebut sebelum dibersihkan…

clip_image002

Pengaturan kabel selendang IDE dan power yang tidak tertata rapi, akan mengganggu sirkulasi udara dalam casing, hal itu diperparah dengan adanya debu yang menumpuk.

clip_image004

Terlihat jelas bahwa spiderman laba-laba membangun sarang diberbagai tempat, yaitu di pojokan casing, pojokan slot vga, di antara slot PCI dan banyak lagi, lainya gak ke potret, hehehehe…

PSU Speed Power

Saya merekomendasi PSU ini untuk komputer milik rekan bapak saya, menurut kabar PSU ini OEM-nya alias yang bikin FSP! Yang bener? Gak tau, di brosur tulisanya gitu, hehehehe… Pemilik komputer memilih rating yang paling rendah, 300W karena harganya paling murah kompetitif selain itu, kebutuhan akan powernya juga gak banyak, jadi 300W cukuplah. Berikut inspeksi singkat mengenai PSU speed power…

clip_image006

Box PSU berwarna hitam, bergambar mobil F1. Perhatikan bagian pojok box, saya kasih tanda berwarna kuning.

clip_image008

Bagian kuning tadi ternyata adalah brand asli dari speed power yaitu Amacrox yang tulisanya tadi di tutupi dengan spidol permanent.

clip_image010

Walo hanya 300W, tampang PSU ini sangar, dilengkapi kipas 12cm dan bobot PSU ini cukup berat.

clip_image012

Kabel telah dilengkapi dengan sleeving, output connectornya cukup banyak euy.

clip_image014

Dilengkapi sebuah kabel power

clip_image016

5 buah baut untuk pemasangan PSU.

clip_image018

Di bodinya juga tertutup spidol permanent dan terlihat brand Amacrox tipe AX350-S (350W?)

Jadi tau deh speed power sebenarnya adalah brand Amacrox, tapi OEM-nya bener-bener FSP gak nih? Masih gak tau. Setelah PSU baru ini terpasang, komputer bekerja sebagaimana mestinya. Spek komputernya adalah Intel Pentium 4 2,26Ghz, 256 DDR-400,vga matrox 32mb, hd seagate 40gb, cd-rom, floppy drive. Lumayan jadul juga sih, tapi cuma buat keperluan ketik-mengetik, masih mumpuni. Sampai disini dulu posting kali ini, see u!

About these ads

7 comments on “Komputer Sarang ‘Spiderman’

  1. wah, dengan spec segitu, utk urusan administrasi seperti ngetik-ngetik buat program word ama excel, masih bisa. :D Tak disarankan utk game. :lol:

  2. Ping-balik: Makan Debu & Keracunan Spiderman, Komputer Mogok… | Linux, Komputer & IT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s