Acer Aspire One 532h, Design Mantep!


DSC00034

Halo Pembaca! Sebelumnya saya pernah membahas soal Acer aspire one 531h milik ayah saya, kini saya berkesempatan untuk melakukan review acer aspire one 532h milik teman saya. Wah gak modal nie minjem semua? Halah, majalah-majalah PC kan juga minjem barang buat di review, hehehehe….ngikuuut! ceritanya begini, saya diajak temen saya untuk membeli sebuah netbook untuk keperluan kuliahnya (intronya neh). Teman saya telah melakukan survey harga dan berencana membeli di sebuah toko komputer di solo. Konyolnya, temen saya tidak tau dimana toko yang dimaksud berada (gimana sie? Katanya dah survey harga?!). Akhirnya saya memutuskan untuk bertanya kepada dukun mbah google untuk mencari tau lokasi toko yang dimaksud berada. Kata mbah google, toko yang dimaksud berada di selatan Novotel, kami pun langsung meluncur ke toko tersebut dan melakukan transaksi. Setelah bernegosiasi, kami dapat harga 3,5 juta, oiya ini kami membelinya di pertengahan januari. Netbook yang kami beli telah pre installed windows XP home edition SP3 original, so gak membajak deh… Software lain? Tetep lah petani edition, hahahaha….

Spesifikasi acer aspire one 532h adalah intel atom n450(1,66 Ghz), Ram 1gb DDR2, Intel NM10 Chipset, VGA Intel GMA 3150, 160 GB HDD, wifi, bluetooth, card reader. Fiturnya cukup lengkap, cuma kurang modem 3G aja, hehehehe… Atom n450 (pineview) merupakan penerus generasi atom sebelumnya, Atom n270, n280 yang ber-codename Diamondville. Intel Atom n450+Intel NM10 chipset yang digunakan Acer AO532h ini merupakan platform Pinetrail besutan intel yang katanya lebih hemat daya dibanding platform sebelumnya. Pinetrail ini kabarnya telah mengadopsi teknologi Intergrated Memory Controller (IMC) serta chip grafis yang menjadi satu dengan prosesor menjadi keunggulan yang ditawarkan oleh platform ini. Btw chip grafisnya kok gak bisa di sebut intergrated dengan prosesor? Karena chip grafis (GMA 3150) dan prosesor masih terdiri dari 2 die dalam 1 chip, bingung? Sama! Hahahaha… gampangnya, dalam satu bungkus isi nya dua, prosesor sama chip grafis. Lebih mudahnya perhatikan gambar dibawah ini…

chipatom

Design acer ao532h ini lebih bagus dibanding seri sebelumnya, banyak perbaikan untuk kemudahan penggunaan. Perbaikan design meliputi keyboard yang lebih lebar dan rata dibanding seri sebelumnya, sehingga lebih nyaman digunakan. Untuk mengaktifkan wifi atau bluetooth tidak lagi menggunakan tombol tersendiri melainkan menggunakan shortcut keyboard. Baterai 6cell yang memberikan suplai listrik untuk acer ao532h ini menonjol kebawah, sehingga seakan-akan netbook memiliki penyangga ketika diletakkan, sedangkan seri sebelumnya (531h) baterai menonjol kebelakang sehingga mengurangi estetika desain. Sementara sisi depan terdapat lekukan dibawak layar yang memnurut saya membuat netbook ini lebih terlihat keren. Satu hal yang saya suka adalah chargernya yang kecil dan praktis, bentuknya mirip charger handphone dan cukup ringan. Touch pad nya terdiri dari lubang-lubang kecil nan tertata rapi sehingga pengguna tidak licin saat menggunakan touch pad. Secara umum, design ao532h mengusung konsep yang sama dengan seri ao531h, yaitu slim alias tipis. Ao532h tersedia dalam 3 warna kalo gak salah, yang pernah saya siksa pegang yang warna putih dan merah maroon, dalam posting ini saya pakai yang warna merah. Paket pembelianya TIDAK menyertakan cd driver, cukup disayangkan, jika pengguna ingin upgrade ke OS windows 7 misalnya, pengguna harus mendownload driver yang diperlukan ke situs resmi acer. Seperti biasa, bonus cd antivirus kaspersky 2009 dengan free subscribe 1 tahun, lumayan.

DSC00031DSC00030 Design chargernya praktis dan mudah dibawa.

DSC00032

Keyboard yang rata dan lebih lebar

DSC00035

Baterai menyembul kebawah permukaan netbook

DSC00033

Touchpad berlubang-lubang untuk mencegah licin.

 

Kinerja netbook ini cukup baik, daya tahan baterainya pun sedikit lebih baik daripada seri sebelumnya. Kinerja prosesor atom? Jangan dianggap remeh! Meski ditujukan untuk browsing dan komputasi basic, prosesor atom ini berani head-to-head dengan jagoan tua intel, Pentium 4 HT 2,4Ghz. Netbook ini juga cukup kuat untuk menjalankan windows 7 deangan interface aeronya dengan cukup nyaman. Render video? Bisa! Asal mau nunggu berjam-jam aja, hahahaha… Netbook ini juga merupakan platform GAMING yang tangguh, Intel merekomendasikan game-game dari game house untuk pinetrailnya :mrgreen: wah ngaco nih review nya! Secara umum, netbook mampu menangani kebutuhan komputasi basic, internetan dan sedikit editing ringan di photoshop. Tetapi jangan harap kinerja powerfull untuk editing video dan game 3D menggunakan netbook ini. Graphic chip yang diunakan platform pinetrail memang menggunakan seri baru yaitu GMA 3150, namun secara arsitektur masih sama dengan GMA 950, bedanya GMA 3150 memiliki clockspeed yang lebih cepat. Kalo gak salah sih, GMA 950 jalan di 166Mhz sedangkan GMA 3150 berjalan di 200Mhz, 33Mhz lebih cepat dibanding GMA 950. Melihat perbedan spesifikasi kedua chip grafis tersebut, ternyata performa keduanya tidak beda jauh, gak percaya? Cek deh di situs review luar. Daya tahan baterai Acer 532h ini lumayan baik, kebetulan yang saya bahas disini menggunakan baterai 6cell kepasitas 4400mAh. Menurut klaim acer, baterai tersebut mampu menghidupi netbook ini hingga 8 jam, kenyataanya? Ya gak beda-beda jauh lah dari seri sebelumnya, mampu bertahan 5-6jam offline.

Kesimpulan saya, produk dari acer ini pantas dipertimbangkan. Kelebihan produk ini adalah design slim, fitur lengkap, harga cukup kompetitif. Info terakhir saya dapat di ajang APKOM 2010 jogja, harga acer AO532h paling murah adalah 2,8 juta dengan spesifikasi sama dengan yang saya bahas, hanya saja tidak dibundel degan OS windows XP melainkan dengan OS Linux. Sedangkan yang dibundel dengan OS Win XP seharga 3,15 juta (sakit hati dah temen saya beli 3,5 juta! Turun ratusan ribu dalam waktu 3 minggu). Meski memiliki banyak keunggulan, produk ini juga memiliki kelemahan antara lain kualitas speaker internalnya masih sama payahnya dengan seri sebelumnya dan tidak ada modem 3g internal. Awet gak ya? Awet ato gak suatu barang elektronik, tergantung nasib n perawatan. Ada yang bilang acer itu singkatan dari Awas CEpat Rusak, betul gak?? Hahahaha… ya egak lah, tergantung perawatan n perlakuan kita lah. Oke, sampai disini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat, see u next time!

About these ads

111 comments on “Acer Aspire One 532h, Design Mantep!

  1. Tulisan yang sangat menarik…
    Semoga tambah sukses blognya…
    Salam kenal dari komunitas mig33
    aplikasi hp untuk chat yahoo, gtalk dan facebook.

  2. wah keren banget tuch…
    saia juga punya tipe 532h…
    tapi saia kehilangan driver vga-nya nich..
    bisa bantu ndak??

  3. wah, makaseih sekali lagi, krn aq lagi mimpi2 beli ni netbook AO 532H yang merah :)
    tp data terakhir yg aku dapat 3,5 yg win xp, syukur sebelum aq beli dah baca blog ini dulu, jd tau harus nawar berapa… thx ya

  4. usul…
    mungkin bisa memberi masukan/info dan di posting untuk Acer 532 ini dibanding dengan lenovo Ideapad S10-3. kira2 mending beli yang mana? thx y.

  5. Ping-balik: Head-To-Head Singkat Atom : N270 vs N280 vs N450 « Linux, Komputer & IT

  6. wah mantaf postingannya.. jadi langsung pengen beli si acer neh… wei acer nanti yg punya blog ini di kasi atu gretong.. reviewnya ini loh.. meningkatkan sales …hehehehee..

  7. mksih infonya mas… saya juga punya netbook ini. masalahnya saat saya install driver vga-nya kok ga mau masuk?? OS yang saya gunakan win 7 ultimate 32 bit. mhon bantuannya mas…. please….

  8. sy baru bli juga netbook ini, mo sharing aj nie bro… untuk battrey na sy caz sampai full tp indikator nya cuma menunjukkan 98% ga sampai 100% udah on AC plug, apakah punya bro juga kek gitu???

  9. @anshar
    sya pake yang 531h. coba pasa dicas netbuknya diatiin, tar kalo casnya dah penuh, nanti indikator pengisian berwarna hijau. habis itu coba hidupkan netbook, pasti 100% deh…

  10. wah.. setelah baca posting juragan jadi lebih yakin nih ma acer 532h nya.. thx lots ya gan..

    btw tuk info harga nih, kemarin bis ke Mangga Dua.. untuk yg no OS 2,7jt.. kalo yg winXP HD160Gb 3,3jt.. sementara kalo yg win7 HD250Gb 3,6 jt..

  11. wahaha seep mas, aku tuh juga naksir ma yang merah.. weeh stock nya habis, rus muter muter jogja neeh… hahaha butuh perjuangan juga, semoga besok dpt,…
    oh iya Kenapa ACER banyak dipakai anak sekolah ?,
    jawabanya adalah : taraaa….
    Agar cepet Pinteeer… XPPPP

  12. @afree
    hahahaha… malah ada yang bilang Awas CEpet Rusak,xixixixi… tapi sbenernya cpt rusak ato gak tinggal perawatanya kok…

  13. makasih review nya bro, bermanfaat banget, gw emang lg pengin nih netbook. emang netbook ni layak dipertimbangkan.

  14. @joha
    wah bukanya mo belain acer nie, tapi selama q make acer gak ada problem tuh? rusak ato egak tergantung pemakaianya dan perawatanya. gak support proyektor apapun:mrgreen:?? mungkinyang make yang gak disupport :D… peace….

  15. mas acer one yg 542h itu kl dicas posisi mati.. kl penuh indikator lampunya warna apa? ijo apa biru.. apa bner kl btrenya dah penuh wrnanya brubah dr oren jadi biru? thank yu, mhn bntuannya.. aq pnya yg merah lo? ;-)

  16. @iksan
    wah saya sendiri gak pake 532h, yang saya review itu punya temen… saya pake yang 531h, kalo penuh warnanya ijo,hehehehe

  17. ..mau nanya mas!!
    ..sya juga punya Netbuk kayak gini, bawaannya OSnya windows 7, tapi saya ganti jadi Xp…
    ..tapi masalahnya Driver VGAnya tidak kompatibel…
    ..sudah coba nyari,dan dapet…malah g’ bisa terinstal…Error mas..tulisannya ” This Kompuer does not have minimum requirenets..
    itu kenapa y mas???tolong solusinya…!!

  18. gan,,,aq da dpt acer 532h..
    ypi kok untuk ganti tema dan walpaper gk biasa ya..
    klo harus instal aplikasinya kasih atu dong gan aplikasi apa yg dapat di buat untuk menggganti walpaper dan tema acer 532h ini,,tanks..blsnx di email aq jga ya…

  19. Saya baru beli netbook Acer Asphire One 532h, saya coba kirim image ke Hp (Nokia E71)menggunakan bluetooth koq ga ke deteksi ya?, begitupula sebaliknya dicoba kirim dari Hp ke Netbook tsb tetapi tetap sama, ada yang bisa bantu nggak?

  20. Bos boleh nanya ga? Tolong di inform donk rekan2,apakah nety bisa dipakai dagang saham on line,email donk bro

  21. mas, ak kan pake seri acer aspire yng n270, nah ak pingin ngganti batery jadi seperti yg seri n450 (6 cell, yg katanya 8 hour itu). apa bisa? apa tinggal pasang aja? makasih

  22. @ninik
    kalo serinya sama, misal acer aspire one 531h, bisa tukar baterai, tapi kalo udah beda seri biasanya dudukan baterai udah beda, so gak cocok…. :)

  23. mohon bantuan…koq aspire one 532h sy ga ke-detect bluetooth nya..???
    sy pake windows xp..,
    hrs install apa..? bisa didptkan dimn..?
    trimakasih.. ^_^

  24. kata siapa ane beli baru 2 bulan mati total , bangsat acer !!!!udah gitu tak servisin ke centernya di pake 3 hari mati lagiii , gimana tuuh , ga usah muja muja aceer ddeeeeh

  25. @ade
    ente ngapain marah2, saya cuma posting apa yang saya dapat… lagian kalo ente dapet mati kan derita loe,wkwkwkwkwk… saya berusaha objektif dalam menilai suatu produk, toh ane juga gak dibayar,wkwkwkwkwkwk.. kalo ngeluh ya ke service center mas, saya cuma blogger, bukan kepanjangan tangan ACER

  26. @tuxlin
    sudah..,waktu sedang proses install driver..,
    ada pesan kalau bluetooth device tdk terdetect.., lalu instalasi berhenti.,
    bgmn itu..???

  27. @lia
    pastikan anda mendownload drver bluetooth sesuai dengan OS (windows xp) yang anda pakai, kadang suka keliru disini :). tapi kalo sudah betul dan sesuai OS nya tetep gak bisa diinstal, bawa aja ke acer terdekat, mereka pasti bisa bantu :)

  28. Iya nih. Punya kasus sama. Kalu driver sudah di uninstall, bluetooth device tidak ada di device manager. Bagaimana nih:(
    Acer support malah suruh restore ulang. Huhu.. Kan lama bgt tuh. Ada ide lain?

  29. netbook yang di artikel ini dah gak ada yang baru.. yang baru seri acer d255 yang tanpa os dikisaran 2,9-3jtaan. kalo mo yang hemat ya bisa dipetimbangkan adven, axioo dll

  30. punya gua,setelah di shut down ga bisa tampil lagi .lampu indikator tetap nyala tapi hanya sekitar 10 detik habis itu mati lagi .dan setelah saya baca di internet ternyata banyak yang nga;lamin hall yang serupa.

  31. zy pake AO532H win7 sktr 4 bulanan,tp wkt br sktr 1 bulan kalo dipake online tiba2 layarx berwarna biru trus baxk tulisan2(blue screen)mungkin semacam restart lah smp skgr ini msh seperti itu,kira2 apa yah penyebabx mohon bantuanx,bls ke email ku aja yah.tq

  32. untuk yg murah ana kira axioo 512 cukuplah… btw udah atom N550 dan hd 320 Gb. tapi kualitasnya apa bisa dipertimbangkan untuk pemakaian nonstop yg lama? tlg infonya gan

  33. @yusaq
    menurut ane sih kualitas merk branded maupun merk lokal sperti axioo gak jauh beda, yang membedakan layanan aftersalesnya. 24jam? gak masalah kok…asal lubang exhust jangan ampe ketutup :)

  34. halo. saya punya Netook Acer Aspire One 532h-2Cr saat ini lagi tidak isa dioperasikan jadi dari pada keluar uang anya oleh karena itu saya sendiri harus install ulang supaya leih irit keuangan. saya mau install nih tapi tidak ada Driver asli yang yang saya dapatkan dari pembelian pertama kalinya katanya sih tidak ada. giaman ya cara dapatkan Driver aslinya. kalau oleh dikasih tahulah ya bagaimana cara mengistall Netbook ini karena tidak ada DVD/CD RW-R Packagenya.

  35. @horas
    untuk mendapatkan driver silahkan ke situs resmi http://acer.co.id kemudian download driver yang diperlukan. Mengenai instalasi, anda dapat menginstall OS nya menggunakan flashdisk, mengenai cara membuat bootable/installer flashdisk, silahkan cek diposting saya sebelumnya :D

  36. waduh bro, sy pake acer one n450, saat ini tidak dapat digunakan led power aktif tapi layar blank screen, sikiranya temen2 pernah mengalami hal yg sama dengan yg saya alami pada netbook acer n450 dan mendapat solusi pemecahannya. mohon info dan cara memperbaiki agar bios bekerja makximal.
    thanx… ya…

  37. halo,,,,,,,zy pake AO 532h win7 sdh sekitar 9 bln tp kok sdh sktr 1 minggu ini kalo di changer batreix ga mw full smp 100%,cmn smp 85% aja tiap hari turun 1% waduh lama2 bisa habis donk persennya,gimana carax nih biar bisa normal kembali jd 100%,mohon solusi n infonya ya….thanks

  38. punyaku acer aspire 532 tak instal xp tapi soundx tetep ndak bunyi.padahal q udah download di situs resminya….why???please helpme.

  39. ini gmn nih ??? notebook ku acer-aspire-one-532h, punya ku windows xp nya corrupted.. gmn cara instal ulang nya??? maunya sih instal ulang pakai dvd external, tpi gk punya?? solusinya gmn ?? aku sih mau nya instal jadi windows 7 ultimate 32 bit,, Kuat gk ya??? apa aja yg di butuhkan buat instal windows 7 acer-aspire-one-532h ini???

  40. pake AO532h 1 tahun lebih,…., tp kok skarang tidak bisa lagi ngisi batrai sampe penuh,hanya 88% n brkurang trus,…,… knapa ya?….

  41. gan,klo acer aspire one 532h-2db ane di upgrade ke win 7 home premium kira2 lemot gak gan?
    thx

  42. Gan, punya ane Aspirenone D255. OS bawaan Win7 Starter, sering hang, and mozilanya sering crash, ane ganti OS XP ultimate tapi Blutut n card readernya gak bisa lagi, gimana tuh ya gan? mohon petunjuknya….tq

  43. masbro”….kita jg pake acer ni…mau tanya klo mau ngidupin blutut bagaimana caranya kan disitu ada tertera blutut wifi dll,maklum ane gaptek sekali…hehehehee…trims buat infonya

  44. @Marjan
    saya pake win 7 Ultimate lancar. mengenai win xp gak jalan blututnya, silahkan download dulu drivernya di situs resmi acer

  45. saya nyoba install acaer 532h pake OS ubuntu 11.10 oneiric ocelot, tapi webcam nya ga mau muncul….tolong bantuannya para master

  46. punya ku baterainya udah lowbat,, so, kalau dipake harus selalu dicolokin listrik… kira-kira kisaran harga baterai bwt seri 532h berapa ya…?? makasih

  47. Kalo ngegenti procesornya gimana yah soalnya mau pake gaming plus ddr2 nya mau d upgrade ke 2gb , kasih tau dong atau tutorialin caranya ???
    Makasih

  48. Ping-balik: HP DM1-4000AU Review, Netbook Bertenaga AMD E450 « Linux, Komputer & IT

  49. Ping-balik: Install Windows 8 di Netbook Acer Aspire One 531H | Linux, Komputer & IT

  50. gan.. ko sinyal wifi acer ao532h ane ga jalan ya setelah updet av.. di indtal ulg OS nya juga tetep ga jalan, padahal sebelum updet av, klu dah instal ulg pasti jln wifinya.. bisa bantu gan?

  51. @sayid
    Coba install ulang driver wifi nya, cek juga wifi udah dihidupin belum? cara ngecek nya di Start>all programs>accesoris>Windows Mobility Center, cari wireless trus klik turn on wireless :)

  52. gan, acer aspire ao532h gwe gak bisa instal vga nya gan…
    “This kompoter does not meet the minimum requirements for installing the software”

    Solusinya gan,,, PLIZZZZZZZZZZZZZ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s