Software Open Source Untuk Windows


Saat ini produsen software dan aparat tengah gencar mengkampanyekan penggunaan software original. Hal tersebut sempat membuat pemilik usaha warnet dan usaha lainnya kebakaran jenggot. Betapa tidak?? Hukuman 5 tahun dan denda 500 juta menghantui mereka. Itulah ganjaran yang akan diterima apabila tebukti membajak software. Bagaimana cara mengatasinya?? Ada dua pilihan, pertama, membeli lisensi software dengan biaya yang amat mahal dan nyaris tak dapat dijangkau oleh sebagian besar pengguna komputer di negeri ini. Kedua adalah menggunakan software yang gratis atau freeware dan software open source. Bagi anda yang belum siap untuk bermigrasi ke OS open source/linux dapat mencoba software open source di windows sebagai batu loncatan untuk bermigrasi ke OS linux/open source, mengapa? Karena pada artikel ini, membahas software dari platform GNU/linux yang dapat berjalan di OS windows. Bagaimana dengan kemampuannya?? Menurut saya, software open source yang akan di bahas memiliki stabilitas dan keandalan yang tidak perlu diragukan lagi.
APLIKASI OFFICE

Pengguna windows tidak asing lagi dengan paket office dari microsoft, yaitu microsoft office yang didalamnya terdapat aplikasi word, excel, powerpoint dll. Harga paket office dari microsoft tentu tidak murah. Adakah alternatif untuk MS office?? Tentu seja ada, yang paling menonjol kemamp[uanya adalah openoffice.org. openoffice.org merupakan paket office yang kaya fitur, didalamnya terdapat aplikasi word processor, spreadsheet, web page editor, presentation dan draw. Yang menarik dari openoffice.org adalah fitur untuk export PDF dan Flash dengan cukup sekali klik. Pengolah kata yang bernama writer merupakan saingan MS word yang digunakan untuk mengetik dokumen dan aneka macam berkas, brosur, laporan. Sementara aplikasi spreadsheet bernama openoffice.org calc kemampuanya tidak kalah dengan MS excel, calc memiliki fitur-fitur untuk kalkulasi, analisa data, visualisasi serta kemampuan menyuguhkan bagan 2D dan 3D. Aplikasi presentasi, openofice.org impress membantu anda untuk membuat presentasi yang menarik dengak kemampuan membuat slide multimedia. Aplikasi openoffice.org draw memilki kemampuan untuk membuat ilustrasi 3D atau diagram yang dapat i masukan ke dokumen maupun presentasi. Menurut saya, paket openoffice.org juga memiliki kekurangan, yaitu agak lambat. Namun dilihat dari kemampuanya, kelemahan tadi mungkin tidak menjadi masalah. Yang membuat saya terkejut, ternyata openoffice dapat membuka dan mengedit file yang dihasilkan microsoft office 2007. Bagi yang memiliki komputer lama (sekelas pentium) dapat menggunakan paket office yang lebih ringan yaitu abiword. Open office dapat di download di http://www.openoffice.org.

PDF CREATOR

PDF adalah standar publikasi elek tronik, meski tidak secara resmi dinyatakan demikian. PDF dapat dibuat dengan aplikasi komersial akan tetapi PDFCreator merupakan solusi yang tepat karena bersifat bebas. Setelah diinstal, klik print pada menu file dan memilih PDFCreator Printer kemudian klik save dan ketikan nama output maka selesai sudah. Selain itu dapat disisipkan informasi untuk memberi identifikasi sebuah dokumen, seperti title,creation date dan author. Terdapat juga fitur sekuriti untuk melindungi dokumen dengan password.

GIMP: TANDINGAN PHOTOSHOP


GIMP atau The GNU Image Manipulation Program merupakan aplikasi photo editing yang tangguh, cocok untuk retouching photo, memanipulasi photo dan banyak lagi. Fitur-fitur The GIMP antara lain paint tool dengan sub-pixel sampling untuk anti-aliased brush stroke berkualitas tinggi, gradient editor, layer dan layer mask hingga lebih dari 20 blending mode, export import image dalam berbagai format, unsharp mask, pokoknya banyak deh! Sebagian orang berpendapat The GIMP masih kalah dengan photoshop namun saya tidak sependapat. The GIMP memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki photoshop yaitu, ukuran file yang kecil dan tentu saja pengguna tidak akan dipusingkan dengan masalah lisensi. Hanya saja banyak pendapat bahwa interface GIMP agak aneh, walau begitu tetap mudah digunakan, hanya perlu pembiasaan saja. The GIMP adalah solusi tepat untuk editing photo. Silahkan kunjungi http://www.gimp.org.
INKSCAPE ILLUSTRATOR


Menurut saya, aplikasi satu ini dapat disetarakan dengan corel draw. Inkscape memiliki fitur-fitur yang tak jauh beda dengan corel draw seperti rectangle tool, box3D creation, text tool, trace bitmap serta fitur intersect, union, exclisions, division dan berbagai efek telah tersedia. Inkscape mendukun penyimpanan dengan berbagai format, antara lain svg, adobe illustrator (ai), povray, gimp pallete, gimp layer bahkan pdf. Hanya saja fasilitas trace bitmap tak sehebat corel power trace, meski begitu Inkscape memilki kelebihan tersendiri. Meski memiliki kemiripan dengan corel draw, bukan berarti inkscape adalah clone dari corel draw. Kadang, software-software open source sering disebut clone dari software komersial, tapi saya sangat tidak setuju pendapat itu.
BLENDER UNTUK MODELING 3D

Blender mrupakan aplikasi 3D modeling canggih. Aplikasi ini mampu menghasilkan animasi berkualitas tinggi, dapat melakukan rendering, post production, interactive creation dan playback. Aplikasi canggih ini hanya berukuran sekitar 10 mb, kecil kan?? Aplikasi ini dikembangkan komunitas yang begitu aktif menambahkan fitur baru. Blender juga support ynamic pacticle generation, metode advanched UV texture unwrapiping menggunakan algoritma LSCM. Blender mampu menexport berbagai format 3D, seperti VRML, Cal3D, AC3D, anda dapat memilh sendiri.
FIREFOX LEBIH BAIK DARI IE

Mungkin semua orang setuju bahwa browser satu ini lebih bagus dari IE. Kelebihan browser ini adalah ringan, lebih gegas dan lebih aman. Terdapat fitur pop up blocking, yaitu menghentikan iklan popup yang cukup mengganggu kenyamanan browsing. Tabbed browsing yang memungkinkan membuka banyak web page dalam 1 window. Text zooming merupakan fitur untuk memperbesar atau memperkecil text agar mudah dibaca. Kemampuan firefox dapat ditingkatkan dengan menambah plug in untuk firefox. Firefox adalah browser yang mengedepankan sekuriti, mari kita gunakan firefox!
THUNDERBIRD, EMAIL CLIENT MODERN
Thunderbird adalah email client yang kaya fitur seperti, intelegent spam filter, built in spell hacker serta sejumlah theme dan layout. Thunderbird mendukung protokol IMAP/POP, HTML email composing,quick search, addressbook, advanced message filtering, address completion, import tools dan kemampuan manage banyak account email dan newsgroup. Thunderbird extension dapat membantu membuat mail client sesuai kebutuhan. Thunderbird juga mengutamakan masalah keamanan seperti digital signing, S/MIME, message encryption, dukungan untuk certificates dan sekuriti devices.
PIDGIN IM
Pidgin merupakan aplikasi instant messenger client, dahulu bernama GAIM. Pidgin mendukung banyak jaringan IM antara lain AIM, ICQ, MSN, Yahoo!, IRC, Jabber dan beberapa lainya. Pidgin dapat dikoneksikan kebeberapa jaraingan secara bersamaan. So, kita dapat ngobrol dengan kontak kita dalam waktu yang bersamaan. Pidgin memiliki banyak fitur pendukung antara lain file transfer, buddy icon, away message, typing notification dan MSN window. Ada juga plug in untuk pidgin antara lain plugin intuk penggantian text, extended message, spell checking dana masih banyak lagi.
AUDACITY SOUND EDITOR
Audacity adalah aplikasi untuk sound editing yang dapat merekam, playback, mixing suara dan menambahkan berbagai filter. Audacity juga terdapat fasilitas standar seperti cut, copy, paste serta undo tak terbatas dan dapat melakukan mixing dengan banyak track. Audacity dapat menyimpan file dalam banyak format termasuk WAV, Ogg Vorbis, AIFF atau format asli audacity. Audacity juga mendukung format mp3 dengan menggunakan LAME enconder external yang dapat diinstal setelah menginstall Audacity. Menurut saya, secara umum kemampuan Audacity tak kalah dengan software komersial seperti CoolEdit misalnya.

Sebenarnya banyak sekali software yang free dan berbasis open source yang ditujukan untuk platform windows. Ada NVU sebagai pengganti DreamWeaver, notepad2 yang memeliki fungsi yang lebih dari sekedar notepad, aplikasi kompresi 7zip serta berbagai game open source. Tidak ada salahnya kita mencoba software-software tersebut, selain free tentu juga tidak melanggar UU HaKI. Semoga Artikel ini bermanfaat bagi yang ingin mencoba beralih ke software open source. (dari berbagai sumber). STOP PEMBAJAKAN!!

About these ads

5 comments on “Software Open Source Untuk Windows

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s